5 Manfaat Bermain untuk Anak-Anak Usia Dini

Anak usia dini perlu peran orangtua dalam mengembangkan segala potensi dalam diri. Pengembangan kemampuan sensorik, motorik dan kognitif wajib dirangsang sejak awal. Anda bisa mendukung pengembangan kemampuan lebih baik dengan memberikan jenis mainan sesuai rentang usia mereka. Promo mainan anak laki-laki bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan potensi kecerdasan anak tercinta.

Manfaat Bermain untuk Anak-anak

Ada banyak alasan yang membuat Anda harus beli mainan untuk anak di rumah. Tak hanya memberikan media hiburan saja, mainan bisa memiliki nilai edukasi yang baik. Manfaatkan momen untuk membeli promo mainan anak laki-laki dengan harga lebih murah di toko online perlengkapan bayi. Jika Anda punya anak laki-laki, ragam permainan yang lebih disukai anak memang berbeda dengan anak perempuan.

Berikut 5 manfaat bermain untuk perkembangan kecerdasan anak yang harus Anda ketahui yaitu :

1.                 Mengenal diri dan alam sekitar

Sejak anak masih berusia kurang dari satu tahun pun, mereka bisa mendapatkan rangsangan mengembangkan kemampuan diri lewat mainan. Manfaat mainan bisa memberikan konsep mengenai diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anak akan belajar banyak hal mulai mengeksplorasi, mencari informasi, berekspresi, menyelesaikan masalah, dan hal-hal positif seiring perkembangan usia.

2.                 Mengenali perasaan dengan baik

Hal yang tak kalah penting dalam metode bermain adalah memberikan pengenalan atau perkembangan emosi pada anak. Dia akan belajar menerima, mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah lewat permainan yang dibangun, misalnya bermain congklak. Orangtua bisa mendampingi anak bermain demi perkembangan emosi yang bagus.

3.                 Memaksimalkan perkembangan fisik

Ada jenis permainan yang bisa mengembangkan fisik si kecil bila dimainkan bersama orang lain, misalnya permainan bola, jungkat jungkit, petak umpet, dan lain-lain. Lewat permainan bersama baik modern atau tradisional, anak-anak akan menjadi pribadi yang lebih aktif, tangkas dan lincah.

4.                 Mengembangkan sosial

Perlu pengenalan terhadap orang lain yang bisa Anda ajarkan lewat permainan. Anda bisa memilih jenis mainan yang baik untuk perkembangan sosial anak, misalnya lego, puzzle, congklak, dan sebagainya. Anak akan belajar sosialisasi dan komunikasi yang baik dengan teman demi memecahkan masalah bersama.

5.                 Meningkatkan kreativitas lebih baik

Manfaat bermain yang paling vital adalah bisa meningkatkan kreativitas anak sejak usia dini. Biarkan anak untuk meningkatkan imajinasi dan sisi kreatif dalam diri lewat permainan yang mereka sukai. Saat Anda memberikan mainan lego, anak akan membentuk bangunan atau bentuk lain sesuai daya imajinatif mereka.

Manfaat bermain untuk anak-anak sangat besar dalam mendukung tumbuh kembang yang positif. Orangtua wajib melakukan pendampingan agar anak-anak bisa berkembang lebih potensial. Pastikan beli promo mainan anak laki-laki yang memiliki label SNI untuk menjamin keselamatan dan keamanan si kecil. Bermain bersama bisa menjadi bonding time antara orangtua dan anak tercinta, lho!

tips dan trik