Resep Membuat Tumis Brokoli yang Enak dan Bisa Anda Tiru di Rumah

Salah satu jenis masakan tumis yang enak dan mudah dibuat adalah tumis brokoli. Selain enak, sayuran brokoli juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu, apa pun bahan masakannya, jika dimasak dengan cara ditumis pasti akan lebih mudah dan cepat. Namun rasa masakannya akan tetap enak walau cara masaknya cenderung mudah. Berikut resep membuat tumis brokoli yang enak dan bisa Anda tiru di rumah.

1.            Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masakan ini tidaklah banyak, bahan yang wajib ada tentunya satu bonggol brokoli. Bahan lainnya adalah wortel dan jamur merang (opsional), 2 siung bawang putih dan bawang merah, air, dan setengah sendok minyak.

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bumbu juga tidak terlalu banyak. Bahan tersebut adalah satu sendok teh kecap, tiga perempat sendok teh garam, tiga perempat merica bubuk, dan satu perempat gula. Anda bisa pakai kaldu ayam bubuk bila suka (opsional), tetapi disarankan pakai kaldu bubuk supaya rasanya lebih nikmat.

2.            Potong dan Siapkan Bahan-bahan

Bahan yang perlu dipotong-potong adalah brokoli. Potong per kuntum brokoli, kupas batangnya dengan hati-hati, kemudian iris dengan miring. Setelah brokoli selesai dipotong, selanjutnya adalah bawang putih dan bawang merah dicincang kasar.

Bila menggunakan wortel dan jamur merang, Anda iris saja wortel dengan bentuk sesuai selera dan iris jamur merang dengan halus. Pastikan potongan sayurannya cantik supaya masakan Anda juga terlihat cantik, tetapi itu bukan sebuah keharusan yang penting rasa masakannya enak.

3.            Bersihkan Bahan-bahan

Setelah Anda memotong sayuran brokoli, wortel, dan jamur merang, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkannya. Anda jangan melupakan tahap yang satu ini karena merupakan hal yang paling penting.

Hal ini agar bahan makanan yang akan Anda masak terjaga dari penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh sayuran yang tidak dibersihkan. Bila perlu, Anda bersihkan sayuran dengan cairan khusus pencuci sayuran yang banyak dijual di minimarket agar kebersihan sayuran lebih terjaga.

4.            Masak Brokoli Hingga Matang

Setelah bahan siap dan bersih, selanjutnya adalah panaskan minyak sayur secukupnya. Kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah dicincang kasar ke dalam wajan berisi minyak yang telah dipanaskan tersebut.

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga tercium bau harum. Setelah itu, masukkan potongan sayuran wortel, jamu merang, dan brokoli. Masak bahan tersebut hingga layu. Setelah sayuran masuk ke wajan, tambahkan garam, gula, merica bubuk, kaldu ayam bubuk dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera.

Cicipi masakan Anda kemudian tambahkan bila ada yang dirasa kurang hingga masakan terasa enak. Tambahkan 200 ml air dan tunggu hingga mendidih. Bila dirasa sayuran sudah layu dan matang, angkat dan sajikan masakan di piring atau mangkuk yang cocok. Memakan ini dengan nasi hangat dan kerupuk akan terasa lebih nikmat.

Itulah resep membuat tumis brokoli yang enak, mudah, dan praktis. Anda bisa mencoba memasak masakan satu ini di rumah karena bahan-bahan yang diperlukan juga tidak akan sulit didapatkan. Langkah-langkah di atas pastinya mudah untuk diikuti bagi pemula yang belum terbiasa memasak. Jadi, bagi Anda yang ingin coba memasak sesuatu berbau tumis, resep di atas bisa dijadikan petunjuknya.

tips dan trik