Semakin Jadi Favorit, Ini Keunggulan Ikan Patin

Semakin Jadi Favorit, Ini Keunggulan Ikan Patin – Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar Indonesia yang memiliki banyak keunggulan. Ikan yang sangat potensial sebagai ikan konsumsi ini, memang populer beberapa tahun ke belakang. Walau beberapa jenis diantaranya digunakan sebagai ikan hias. Secara umum, ciri-ciri ikan patin adalah memiliki kepala kecil dengan mulut yang terletak di bagian bawah ujung kepalanya. Di sudut-sudut mulutnya ada dua pasang kumis yang digunakan sebagai alat peraba. Harga ikan patin pun bervariasi.
Untuk panjangnya, ikan patin mampu mencapai 120 cm, walau untuk ikan hias biasanya ikan patin yang diambil hanya berukuran 5 sampai 12 cm saja. Ikan patin juga termasuk hewan nokturnal yang hidup di malam hari. Dengan ciri-ciri tersebut, hal ini membuat ikan patin sebagai ikan konsumsi juga memiliki keunggulan yang sangat banyak, apa saja keunggulan ikan patin? Berikut ulasannya.
Mudah Dibudidaya
Kenaikan permintaan konsumsi ikan patin yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, membuat budidaya ikan ini pun mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia. Selain mendapat dukungan dari pemerintah lewat penyediaan induk patin unggul pada peternak ikan patin. Ikan patin juga dikenal sebagai ikan yang mudah di budidaya.
Ikan ini sangat kuat dan mampu hidup di berbagai kondisi perairan, bahkan dengan kondisi yang buruk sekalipun. Ikan patin dapat ditemukan di liang tepi sungai, lembah sungai, dan beberapa sungai-sungai besar di Indonesia.
Memiliki Kandungan Gizi yang Tinggi
Keunggulan ikan patin lainnya adalah ikan ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi seperti kalori, protein, kalsium, fosfor, zat besi, mineral dan lai-lain. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.
Berdasarkan kandungannya, ikan patin juga rendah kolesterol dan lemak tak jenuh, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita penyakit darah tinggi dan mencegah datangnya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.
Selain itu, kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat dalam duri atau tulang ikan patin dapat mengobati masalah osteoporosis. Untuk hal ini, Anda bisa memasak ikan patin dengan cara di pepes dengan panci presto, agar duri dan tulang ikan menjadi lunak, sehingga bisa dinikmati tidak hanya dagingnya saja, tetapi duri dan tulangnya juga.
Ikan patin juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang baik untuk wanita hamil, sebagai optimalisasi perkembangan janin dalam rahim dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk meningkatkan kinerja otaknya. Tak hanya itu, keunggulan ikan patin yang paling besar adalah kandungan proteinnya yang cukup tinggi dapat meningkatkan massa otot, memperkuatnya serta membentuk dan mengencangkannya, sangat cocok dikonsumsi oleh para binaragawan.
Anda juga bisa membuat umpan ikan patin sendiri di rumah untuk memancing ikan patin agar dapat lebih banyak.
Bagi Anda yang terserang demam berdarah, ikan patin sangat disarankan untuk dikonsumsi, karena vitamin yang terdapat dalam ikan patin dapat menghasilkan dan meningkatkan sel darah merah dan kadar trombosit dalam darah.
Dagingnya Lembut dan Gurih
Daging ikan patin yang lembut, tebal, putih dan gurih sangat disukai masyarakat. Walau untuk ikan patin jenis siam, daging ikannya berwarna kuning kemerahan. Berbeda dengan ikan patin jambal yang lebih banyak disukai masyarakat dan diolah dengan beragam cara seperti dibakar, digoreng, dipepes, di sop, di gulai dan lain sebagainya.
Itulah sebabnya ikan patin juga sangat direkomendasikan sebagai makanan pemdamping nasi terbaik. Karena tekstur dagingnya yang lembut juga dapat menjaga sistem pencernaan tubuh.
Demikian beberapa keunggulan ikan patin yang perlu Anda tahu, mari penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan rajin mengkonsumsi ikan patin. Semoga bermanfaat.

tips dan trik

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*