11 Kelebihan Web Komik Mama (Review) Selengkap Apa ya ?


Saat ini tidak hanya anak-anak yang suka membaca komik. Bahkan remaja dan orang dewasa pun sangat menyukai komik dengan berbagai jalan cerita yang menarik. Untungnya, membaca komik bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa tanpa harus membeli buku, semuanya berkat Komik Mama.

Kalau di masa lalu kamu harus mengorbankan uang untuk membeli komik atau menyewa komik dari rental atau persewaan, sekarang kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk menikmati bacaan yang sangat menarik. Kamu juga tidak perlu meninggalkan rumah untuk pergi ke perpustakaan.

Semua komik terbaik, terbaru, dan paling menarik bisa kamu akses dengan sangat mudah berkat adanya situs web yang menawarkan koleksi komik berkualitas. Yang kamu perlukan hanyalah ponsel atau komputer yang tersambung ke jaringan internet untuk membaca semua komik favoritmu.

Situs Web Komik Mama Versus Aplikasi Baca Komik

Situs-Web-Komik-Mama-Versus-Aplikasi-Baca-Komik

Sekarang ini, segala sesuatu bisa diakses dengan sangat praktis berkat kehadiran internet. Setiap penggemar komik bisa membaca komik dengan tiga cara berbeda. Cara pertama adalah dengan membeli buku komik dari berbagai toko buku offline maupun dari berbagai toko online.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang bisa dipasang di perangkat seluler seperti ponsel dan tablet. Sayangnya, aplikasi ponsel untuk membaca buku seringkali berukuran besar sehingga membuat ponsel terbebani sehingga ponsel akan berjalan dengan lebih lambat.

Cara terakhir dan terbaik untuk membaca komik favoritmu adalah dengan mengakses situs web khusus untuk membaca komik secara online. Tidak perlu aplikasi tambahan apapun untuk mengaksesnya.

Situs Baca Komik dengan Fitur Paling Lengkap

Kamu akan menemukan banyak sekali situs web untuk membaca komik secara online. Tapi sebaiknya kamu tidak sembarangan mengakses situs web tersebut karena beberapa situs web bisa jadi malah membahayakan perangkat yang kamu pakai untuk membaca komik secara online.

Kamu perlu memilih situs web yang terbaik dan terpercaya untuk menikmati komik favoritmu. Salah satu cara untuk memilih situs baca komik online berkualitas adalah dengan mengecek fitur apa saja yang ada di dalam situs web tersebut. Jadi sebelum mengakses Komik Mama, cari tahu fitur-fiturnya.

Ada banyak fitur yang akan kamu temukan saat mengakses situs baca komik online yang satu ini. Seluruh fitur di bawah ini akan membuat kamu betah berlama-lama menikmati komik terbaik.

1. Daftar isi memuat banyak pilihan

Daftar-isi-memuat-banyak-pilihan

Fitur pertama yang akan menyambut kamu saat berkunjung ke situs web Komik Mama adalah daftar isi. Di bagian daftar isi ini kamu akan menemukan banyak sekali pilihan komik yang sudah masuk ke berbagai kategori yang berbeda. Semua kategorinya akan memudahkan pencarian komik favorit.

Untuk menemukan komik yang kamu maksud, gunakan menu daftar isi lalu pilih salah satu filter yang ada di sana. Dengan begitu kamu bisa menemukan komik sesuai dengan genre tertentu, status komik, atau jenis komiknya. Pastikan kamu tahu apa saja filter yang ada di bagian daftar isi.

Dengan mengetahui apa saja menu yang ada di bagian daftar isi, kamu bisa memilih komik yang paling sesuai dengan keinginan dengan bantuan filter tersebut. Beberapa filter kategori yang tersedia adalah:

2. Order

Order

Salah satu filter yang akan kamu temukan dan bisa digunakan untuk mencari komik favorit adalah Order. Filter yang satu ini berguna untuk menyaring semua komik yang nantinya akan muncul di halaman utama situs web Komik Mama. Ada beberapa pilihan urutan yang bisa kamu pilih.

Misalnya, kamu bisa mengurutkan komik dari yang paling popular atau dari yang paling terakhir diperbarui. Kamu juga boleh mengurutkan komik dari yang baru saja ditambahkan atau langsung menyortir komik berdasarkan alfabet. Lakukan penyortiran dengan filter order.

3. Type

Type

Cara lain untuk menyaring komik yang ada di situs web Komik Mama dan menemukan salah satu komik yang paling kamu sukai adalah dengan menggunakan filter type atau jenis. Dengan filter yang satu ini, semua komik di situs baca komik online ini akan langsung dikelompokkan.

Pengelompokan dilakukan berdasarkan jenis komik. Beberapa jenis bacaan yang akan kamu temukan adalah manga, comic, novel, manhua, serta manhwa. Pastikan kamu memahami perbedaan semuanya sehingga bisa menemukan jenis bacaan yang paling sesuai keinginan kamu.

4. Status

Status

Ada juga filter status yang memungkinkan kamu untuk mengelompokkan seluruh komik di situs baca komik online berdasarkan statusnya. Misalnya kalau kamu malas menunggu update baru, saring saja semua komik sehingga kamu hanya akan menikmati yang sudah tamat (completed).

Selain komik yang sudah tamat, situs web Komik Mama juga punya banyak jenis komik dengan status yang berbeda-beda. Misalnya, ada komik tertentu yang statusnya ongoing atau episodenya masih terus berjalan. Ada juga yang hiatus atau tidak lagi dilanjutkan oleh authornya.

5. Genre

Genre

Filter genre ini selalu ada di semua aplikasi dan situs web khusus untuk membaca komik secara gratis. Dengan menggunakan filter genre, kamu bisa mempersempit pencarian sehingga hanya komik dengan genre favorit kamu saja yang akan keluar di halaman utama situs baca komik.

Pilihan genre yang ditawarkan oleh situs web baca komik online ini tidak main-main. Setidaknya ada 47 genre berbeda yang bisa kamu pilih dengan leluasa. Beberapa contoh genrenya adalah crime, comedy, ani, adventure, action, romance, school life, dan lain sebagainya.

Kalau kamu sudah memilih salah satu filter tersebut, jangan lupa untuk mengklik atau menyentuh tombol cari. Tunggu dulu beberapa detik sampai situs web baca komik online ini selesai memproses keinginanmu. Setelah itu hasil penyortiran komik akan segera muncul di halaman berandanya.

Langsung saja pilih salah satu komik yang paling cocok dengan selera dan keinginan kamu. Kemudian nikmati komik tersebut kapanpun dan dimanapun, selama kamu terhubung dengan internet kamu akan bisa membaca komik favoritmu dari situs web Komik Mama.

6. Tampilan situs webnya simple tapi menarik

Tampilan-situs-webnya-simple-tapi-menarik

Banyak orang menyukai tampilan situs web baca komik online yang satu ini. Mengusung konsep simplicity dan kesederhanaan, situs baca komik online ini malah tampak menarik dan memudahkan pengunjung situs web untuk mengakses semua fitur dan menu yang tersedia di halaman utamanya.

Warna dasar yang digunakan di situs web ini adalah warna gelap dengan tambahan warna biru yang membuat tampilannya semakin menarik. Judul situs web terpampang jelas di kiri atas halaman beranda situs web dan berbagai judul komik langsung bisa kamu lihat di halaman beranda situs web.

Di setiap sampul atau cover komik yang muncul pada halaman beranda, terdapat keterangan dengan tiga warna berbeda yang menunjukkan negara asal komik dan bahasa komik tersebut.

7. Fitur bookmark yang unik

Fitur-bookmark-yang-unik

Kalau kamu suka dengan salah satu komik yang ada di situs baca komik ini dan ingin membacanya lagi nanti, ada fitur unik yang bisa kamu pakai untuk menyimpan komik tersebut sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan mudah saat akan membacanya di lain waktu. Fitur ini bernama rak buku.

Kamu bisa menemukan fitur rak buku di bagian menu. Buka ikon tiga garis di kanan atas halaman beranda lalu pilih rak buku. Semua buku yang kamu simpan akan muncul di bagian rak buku ini. Bookmark atau rak buku bisa menampung sampai 50 komik yang paling kamu sukai.

Semua koleksi di rak buku hanya bisa kamu akses jika menggunakan aplikasi web browser yang sama. Kalau kamu mengganti web browser atau device, rak buku akan berubah.

8. Baca komik nyaman tanpa iklan

Baca-komik-nyaman-tanpa-iklan

Salah satu keistimewaan situs web Komik Mama adalah semua konten di situs web ini bisa diakses dengan lebih nyaman karena tidak diganggu oleh iklan sama sekali. Halaman situs web ini sangat bersih, tidak ada iklan sekecil apapun yang menutupi konten atau mengganggu kenyamanan kamu.

Tanpa adanya iklan, kamu bisa membaca semua komik dengan lebih leluasa. Iklan akan terasa mengganggu saat kamu mengakses komik favorit melalui perangkat komputer maupun ponsel. Tapi karena tidak ada iklan di situs baca komik yang satu ini, kamu pasti akan lebih betah membaca komik.

Situs web lain menampilkan iklan yang sangat mengganggu. Tidak hanya menutupi komik, iklan juga akan terbuka sendiri padahal pembaca tidak menyentuh iklan tersebut.

9. Gunakan kolom pencarian dengan mudah

Gunakan-kolom-pencarian-dengan-mudah

Seperti semua jenis situs web apapun yang ada di internet, Komik Mama juga punya fitur pencarian. Fitur yang satu ini bisa kamu pakai untuk mengetikkan nama komik yang paling kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa menemukan komik favorit hanya dengan beberapa ketikan saja.

Saat akan mencari bacaan tertentu dengan menggunakan fitur bar pencarian ini, sebaiknya langsung saja ketikkan judul komiknya. Hindari mengetikkan nama pengarang komik karena hasil yang muncul nanti akan kurang akurat. Situs web baca komik ini akan mencari komik berdasarkan judulnya.

Jadi kalau kamu belum tahu judul komik yang ingin dibaca, cari tahu dulu informasi tentang judul komik tersebut di internet. Setelah mengetahui judulnya, ketikkan di kolom pencarian di halaman beranda.

10. Ada tanda warna pada cover komik

Ada-tanda-warna-pada-cover-komik

Situs web Komik Mama menampilkan cover atau sampul komik dengan tanda khusus di kanan atas cover tersebut. Setidaknya kamu akan menemukan tiga tanda berbeda yang menghiasi berbagai komik tersebut. Ketiganya mempunyai warna dan istilah yang berbeda. Apa sebenarnya fungsi tanda itu?

Tanda yang ditambahkan di sampul komik berguna untuk membedakan negara asal komik. Tujuan ditambahkannya tanda itu adalah untuk mempermudah pembaca mengenali komik mana yang berasal dari Jepang, China, dan Korea. Bagaimana cara membaca tanda tersebut?

Tanda pertama yang akan kamu temukan adalah tanda berwarna biru dengan tulisan Manga. Tanda yang satu ini menunjukkan bahwa komik tersebut dibuat oleh orang yang dijuluki sebagai mangaka atau pembuat manga. Manga sendiri merupakan komik yang berasal dari negara Jepang.

Manga sendiri dikelompokkan berdasarkan demografisnya, yaitu dari segi usia maupun dari segi gender. Shounen adalah contoh manga yang dibuat khusus untuk para pembaca pria. Biasanya, manga hadir dalam warna hitam putih. Hanya manga edisi khusus saja yang dirilis full color.

Selanjutnya ada berbagai komik di situs web Komik Mama yang memiliki tanda berwarna merah dengan tulisan Manhwa di bagian kanan atasnya. Manhwa merupakan komik yang diciptakan oleh manhwaga dan berasal dari negara Korea. Manhwa edisi digital dirilis secara full color.

Salah satu hal yang membuat manhwa berbeda dari manga adalah cara membacanya. Manga harus dibaca dari kanan ke kiri. Tapi manhwa dibaca secara normal seperti saat membaca buku biasa, yaitu dari kiri ke kanan. Manhwa yang dicetak pada kertas akan berwarna hitam putih saja.

Tanda hijau dengan tulisan manhua adalah tanda terakhir yang akan kamu lihat di berbagai sampul komik di halaman beranda situs web Komik Mama. Manhua sendiri merupakan komik yang asalnya dari negara China. Pembuat komik ini disebut sebagai manhuajia.

Cara membaca manhua sama dengan cara membaca manga. Tapi dari segi pewarnaan, manhua lebih mirip dengan manhwa. Komik dari negara China ini hadir dengan warna hitam putih saat dicetak di atas kertas tapi dirilis penuh warna untuk dinikmati secara digital melalui situs web.

Sebenarnya selain tiga jenis komik tersebut masih ada satu jenis komik lagi yang perlu kamu ketahui. Jenis yang terakhir adalah comic yang asalnya dari negara-negara barat. Tapi fokus utama situs web Komik Mama adalah tiga jenis komik yang asalnya dari negara-negara Asia.

Jadi untuk saat ini, kamu hanya bisa menikmati komik keren dan seru dari Asia saja. Meskipun belum ada komik dari barat, koleksi bacaan menarik yang ada di situs web baca komik online ini sangat banyak dan lengkap. Kamu butuh banyak waktu luang untuk bisa menikmati semua komik di situs web ini.

11. Setiap komik punya informasi lengkap

Setiap-komik-punya-informasi-lengkap

Satu hal yang membuat situs web baca komik online Komik Mama diminati oleh para pembaca komik dari berbagai belahan dunia adalah adanya informasi yang sangat lengkap di setiap judul komik. Informasi apa saja yang akan kamu temukan di masing-masing komik tersebut?

Saat membuka salah satu komik yang ada di situs web baca komik gratis ini, kamu akan melihat judul komiknya dengan jelas serta judul alternatif komik tersebut. Contohnya saja komik One Punch Man akan ditampilkan dengan judul lainnya seperti OPM, OnePanman, dan Wanpanman.

Untuk mempermudah kamu dalam memutuskan apakah akan mulai membaca komik tertentu atau akan memilih komik lainnya, Komik Mama menambahkan kolom status sehingga kamu akan tahu apakah komik tersebut masih berlanjut (ongoing), sudah tamat (completed), atau berhenti (hiatus).

Informasi lain yang sama pentingnya dan ditampilkan di bagian informasi komik adalah jenis komik. Meskipun sudah ada tanda yang ditambahkan di bagian sampul yang menunjukkan jenis dari komik tersebut, tetap saja info jenis komik ditampilkan lagi di kolom informasi komik.

Masih banyak lagi fitur menarik yang akan kamu temukan di situs web baca komik terbaik untuk para pecinta manga, manhwa, dan manhua. Temukan sendiri semua fitur-fitur tersebut dan gunakan sebaik mungkin agar kamu bisa merasa lebih nyaman saat membaca komik di situs baca online yang satu ini.

Komik Mama menyediakan puluhan genre komik keren dan menarik yang wajib kamu periksa. Cari tahu selengkapnya tentang situs web ini sebelum mengakses situs web tersebut secara langsung. Lalu kunjungi situs webnya disini.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.