21 Aplikasi Desain Rumah Terbaik di Android, iOS, PC 2022


Aplikasi desain rumah sangat penting untuk dimiliki. Apalagi bagi kamu yang baru ingin membangun atau melakukan renovasi rumah. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat desain awal sebagai acuan ketika pembangunan rumah. Di aplikasi ini pula kamu bisa membuat desain rumah impian.

Untuk mendesain rumah, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi khusus yang memang dirancang untuk mendesain interior maupun eksterior. Pasalnya, aplikasi tersebut akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Pilihan Aplikasi Desain Rumah Terbaik

Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mendesain rumah. Beberapa di antaranya akan dijelaskan di bawah ini. Aplikasinya tersedia di beberapa platform sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan perangkat yang dipakai.

1. Home by Me

Home-by-Me

Aplikasi pertama yang bisa kamu pakai untuk membuat desain rumah adalah Home by Me. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan perangkat Android maupun iOS. Jadi, kamu bisa mendownload aplikasinya di Google Playstore maupun Apple AppStore.

Menariknya, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis. Tampilannya sendiri sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh semua pengguna. Untuk cara penggunaannya sendiri, Home by Me ini sangat mirip seperti mobile game pada umumnya.

Sangat menyenangkan untuk digunakan. Apalagi di dalam aplikasinya ada banyak sekali item yang bisa digunakan.

2. Arlantis

Arlantis

Berbeda dengan aplikasi pertama, Arlantis ini termasuk dalam kategori aplikasi berbayar. Aplikasi yang satu ini dibuat khusus untuk platform desktop atau PC. Spesifikasi yang digunakan juga tidak sembarangan karena aplikasi ini lumayan berat untuk dijalankan.

Berikut ini rincian spesifikasi yang disarankan untuk menggunakan Arlantis

  • Intel Core i7, 4+ Core
  • RAM 16 GB
  • Windows 10 atau macOS Mojave (10.14)
  • Graphic card 2GB (managing OpenGL)
  • Display 1920 x 1080 pixel

Arlantis sangat cocok untuk membuat desain 3D resolusi tinggi, pembuatan VR panorama, Quicktime VR objek, dan animasi.

3. ArchiCAD

ArchiCAD

Sama seperti Arlantis, ArchiCAD ini adalah aplikasi yang berbayar alias tidak gratis. Namun pihak publisher memberikan trial atau masa percobaan untuk semua pengguna. Jika ingin melanjutkan penggunaan, kamu harus membayar biaya langganan.

Aplikasi ArchiCAD ini memang dikembangkan untuk tujuan profesional. Adapun beberapa hal yang didukung oleh aplikasi ini antara lain:

  • 2D CAD
  • 3D Modeling
  • Architectural rendering and visualization software
  • Desktop publishing
  • Document managemen tool
  • Building information modeling

ArchiCAD ini merupakan aplikasi yang memang dibuat khusus untuk platform PC. Alasannya adalah aplikasi ini cukup berat dan kompleks sehingga memerlukan mesin pemroses yang mumpuni, yaitu di PC.

4. VRay

VRay

Aplikasi desain rumah yang berikutnya adalah VRay. Rekomendasi aplikasi ini sangat cocok untuk pemula. Pasalnya, aplikasi ini memiliki menu dan tools yang mudah untuk dimengerti sehingga bagus untuk belajar.

Berikut ini beberapa hal yang menarik dari VRay:

  • Tampilan lebih sederhana dibandingkan aplikasi CAD lain
  • Terintegrasi dengan Google Earth
  • Support berbagai tools yang canggih dan modern
  • Mendukung tata letak 2D dan 3D
  • Mendukung elemen geo-location
  • Dapat menggunakan gambar arsitektur atau bangunan yang nyata

Meski aplikasi ini cocok untuk pemula, seluruh fiturnya terbilang profesional. Desain-desain yang menarik dilihat bisa kamu ciptakan dari aplikasi desktop yang satu ini.

5. Planner 5D

Planner-5D

Lain dari aplikasi yang lain, dengan aplikasi Planner 5D ini kamu bisa membuat desain rumah dengan bentuk 5 dimensi. Aplikasi ini dapat berjalan di platform PC.

Salah satu fitur yang paling diunggulkan dari aplikasi Planner 5D adalah Editor. Dengan fitur tersebut, kamu bisa melakukan perubahan terhadap bangunan-bangunan yang sudah dibuat sebelumnya tanpa harus melalui proses yang rumit.

Satu hal yang membuat Planner 5D ini rumit adalah teknologi 5 dimensi itu sendiri. Fitur ini dapat membantu kamu membuat katalog rumah sesuai dengan keinginan.

6. Lumion

Lumion

Masih dengan aplikasi di platform PC, namanya adalah Lumion. Aplikasi yang satu ini memang dirancang untuk membuat desain rumah dengan sedetail-detailnya.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah tampilan desain rumah yang tampilannya sangat mirip seperti rumah di dunia nyata.

Selain desain itu sendiri, Lumion juga sangat unggul dari segi user interface atau tampilan. UI aplikasi ini sangat sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang. Bahkan untuk pengguna yang baru mulai belajar mendesain rumah, aplikasi ini sangat mudah dipelajari dalam waktu singkat.

7. Floor Plan

Floor-Plan

Lagi-lagi ada aplikasi berbasis PC yang bernama Floor Plan. Versi terbaru yang saat ini ada adalah Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah simulasi rumah. Sehingga kamu tidak perlu susah-susah membayangkan rumah impian kamu. Langsung saja wujudkan dengan membuat desainnya di Floor Plan.

Mengapa aplikasi ini cocok untuk membuat simulasi? Alasannya adalah Floor Plan menyediakan fitur 30 degrees online viewer. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melihat tampilan desain rumah dari semua sudut.

8. Chief Architect Premier

Chief-Architect-Premier

Chief Architect Premier merupakan salah satu aplikasi desain rumah yang cukup banyak dipakai oleh arsitek. Aplikasi ini cukup mengesankan karena dapat menghasilkan desain rumah dan bangunan 3 dimensi.

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mendesain rumah dan bangunan yang standar dalam waktu lebih cepat. Chief Architect Premier memiliki rangkaian tools yang bisa dipakai untuk membuat model bangunan 2 dimensi dan 3 dimensi.

Aplikasi ini cukup ringan, kamu bisa menggunakannya dengan spesifikasi komputer sebagai berikut:

  • Sistem operasi Windows XP ke atas
  • RAM 512 MB
  • Hard disk 250 MB
  • Prosesor Intel Dual Core atau yang lebih tinggi.

9. Room Sketcher Home Designer

Room-Sketcher-Home-Designer

Kalau kamu lebih suka menggunakan aplikasi yang gratis, Room Sketcher Home Designer adalah pilihan tepat. Meski gratis, aplikasi ini bisa disandingkan dan disejajarkan dengan aplikasi berbayar lainnya. Bagaimana bisa?

Ternyata aplikasi ini memiliki berbagai fitur dan tools yang canggih. Tampilannya juga sangat sederhana meski fiturnya begitu lengkap. Itulah yang membuat Room Sketcher Home Designer sangat cocok dipakai oleh pemula.

Cara kerjanya juga sangat mudah, kamu hanya perlu drag and drop. Tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi Room Sketcher Home Designer.

10. Soft Plan

Soft-Plan

Soft Plan sangat unik dan berbeda jika dibandingkan dengan seluruh aplikasi yang dijelaskan di artikel ini. Pasalnya, Soft Plan ini tidak hanya menyediakan fitur untuk mendesain rumah atau bangunan. Kamu juga bisa mendapatkan rincian biaya pembangunan dari aplikasi ini.

Aplikasi Soft Plan sangat membantu kamu yang membutuhkan desain rumah sekaligus dengan estimasi biaya pembangunannya.

Sebenarnya, Soft Plan ini dibuat untuk tujuan profesional. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakannya untuk sekadar mendesain rumah impian. Di dalamnya terdapat banyak sekali elemen yang bisa kamu pakai atau aplikasikan di dalam desain rumah.

11. Sweet Home 3D

Sweet-Home-3D

Tampilan Sweet Home 3D sangat mirip dengan game The Sims. Game tersebut sangat terkenal dan mungkin kamu juga mengenal, bahkan memainkannya. Beruntunglah kamu yang pernah memainkan game The Sims karena tidak akan terlalu sulit untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Hampir sama seperti aplikasi Room Sketcher Home Designer, kamu hanya perlu drag and drop untuk membuat desain. Jadi, kamu tidak memerlukan skill khusus untuk dapat membuat desain yang bagus.

Meski terkesan mudah untuk diaplikasikan, Sweet Home 3D ini memiliki berbagai furnitur serta tekstur yang bisa kamu pakai untuk mendesain rumah.

12. Dream Plan

Dream-Plan

Di urutan ke dua belas aplikasi desain rumah adalah Dream Plan. Seperti namanya, kamu bisa membuat desain rumah impian menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini bisa kamu pakai untuk mendesain bagian dalam rumah, bagian luar rumah, hingga halaman rumah.

Aplikasi yang bisa berjalan di sistem operasi Windows ini memiliki lisensi gratis. Sehingga kamu tidak perlu melakukan pembayaran biaya pembelian ataupun langganan.

13. Sketch Up Pro

Sketch-Up-Pro

Meski aplikasi ini menyandang titel “pro”, Sketch Up Pro tidak hanya bisa digunakan oleh para profesional. Kamu yang masih pemula juga bisa belajar mendesain rumah menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi ini memiliki user interface yang sangat sederhana.

Di samping itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengubah desain rumah atau bangunan menjadi bentuk animasi yang bisa bergerak. Jadi, kamu bisa membuat desain rumah sekaligus simulasinya.

Jika ingin menggunakan aplikasi Sketch Up Pro, kamu harus melakukan pembayaran biaya langganan. Meski begitu, kamu tetap bisa mencoba aplikasi ini secara gratis di mode trial.

14. AutoCAD Architecture

AutoCAD-Architecture

Aplikasi selanjutnya adalah AutoCAD Architecture. Aplikasi yang satu ini ternyata sangat familier di kalangan arsitek. Pasalnya, aplikasi ini sangat sering dipakai dalam pembelajaran di dunia perkuliahan. AutoCAD Architecture ini termasuk salah satu aplikasi yang harus dikuasai oleh calon arsitek.

AutoCAD Architecture unggul di beberapa hal, misalnya tingkat keakurasian gambar yang tinggi, fleksibel, serta penggambaran yang cepat dan efisien.

Di aplikasi desktop yang satu ini, kamu bisa menambahkan berbagai objek seperti dinding, jendela, pintu, dan masih banyak elemen lainnya. Uniknya, kamu dapat menambahkan elemen-elemen tersebut di dalam denah.

15. Virtual Architect Ultimate

Virtual-Architect-Ultimate

Virtual Architect Ultimate merupakan salah satu aplikasi desain terbaik. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendesain sebuah ruangan, rumah, maupun gedung atau bangunan lainnya. Dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainnya, Virtual Architect Ultimate punya harga cukup mahal.

Meski lebih mahal, tentu kamu akan mendapatkan fitur yang lebih banyak. Kamu akan mendapatkan library berukuran super besar berisi berbagai objek yang bisa kamu letakkan di bagian dalam dan luar rumah.

Kamu bisa menggunakan dua mode di aplikasi ini, yaitu deck dan landscape. Dengan dua mode ini, kamu akan menciptakan desain rumah yang tampak indah, baik dari luar maupun dalam.

16. Magic Plan

Magic-Plan

Kalau dari awal banyak membahas aplikasi desain rumah di platform PC, sekarang waktunya membahas salah satu mobile app. Nama aplikasinya adalah Magic Plan. Aplikasi yang satu ini tersedia untuk platform Android dan bisa kamu download secara gratis di Playstore.

Meski gratis, fitur di aplikasi ini sangat lengkap. Kamu tidak hanya bisa mendesain ruangan atau rumah. Estimasi biaya juga bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini. Dengan begitu, kamu dapat menentukan kisaran biaya yang bisa dipakai untuk melakukan pembangunan atau renovasi.

Meski gratis dan Magic Plan ini tersedia di platform mobile, fiturnya sangat lengkap. Semua desain yang sudah kamu buat di aplikasi ini dapat diekspor ke dalam beberapa format file, misalnya PDF, SVG, dan XLS.

17. Room Planer

Room-Planer

Masih dengan aplikasi Android, kali ini ada aplikasi Room Planer. Di sini, kamu bisa merancang sebuah ruangan atau satu set rumah. Uniknya, aplikasi ini menyediakan berbagai furnitur yang terlihat nyata. Pasalnya, seluruh furnitur yang ada di aplikasi ini sama dengan furnitur di IKEA.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki ukuran cukup besar, yaitu 400 MB. Aplikasi ini mungkin saja cukup berat untuk dijalankan di Android kategori low end.

Ukuran aplikasi yang sangat besar ini sebanding dengan apa yang kamu dapatkan. Kamu dapat mendesain bangunan atau rumah dengan model 3 dimensi. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, kamu juga bisa melihat rumah dari sudut pandang bird eye.

18. Homestyler

Homestyler

Homestyler merupakan salah satu aplikasi Android yang dapat kamu pakai untuk membuat desain rumah impian. Fokus aplikasi ini lebih kepada penataan furnitur di dalam ruangan atau dekorasi.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memotret ruangan yang diinginkan kemudian mencocokkan angle atau sudut pandangnya untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Setelah menyesuaikan angle ruangan, kamu bisa mulai melakukan kustomisasi di ruangan tersebut. Contohnya menambahkan perabotan, kasur, lemari, serta cat dinding atau tembok.

Kalau kamu tidak bisa menggunakan foto ruangan milik sendiri, kamu tetap bisa menggunakan template ruangan yang tersedia di aplikasi.

19. Floor Plan Creator

Floor-Plan-Creator

Lagi-lagi ada satu aplikasi Android yang bisa kamu pilih untuk mendesain aplikasi. Nama aplikasi yang dimaksud adalah Floor Plan Creator. Aplikasi ini menampilkan desain yang begitu realistis atau tampak nyata.

Aplikasi ini sangat memudahkan orang-orang yang ingin membuat desain rumah tanpa harus menggunakan jasa arsitek. Aplikasi ini menyediakan berbagai tools serta fitur yang dapat dipakai untuk mendesain ruangan dengan luas bangunan disesuaikan kebutuhan.

Floor Plan Creator juga menyediakan fitur 3D Tour Mode. Persis seperti namanya, fitur ini bisa digunakan untuk tour atau berkeliling rumah secara virtual untuk melihat seluruh desain yang sudah dibuat.

20. Design Home

Design-Home

Menjelang penghujung list aplikasi desain rumah, kali ini ada aplikasi bernama Design Home. Dari segi namanya saja sudah jelas terlihat bahwa aplikasi ini memang dikembangkan khusus untuk membuat Design Home.

Aplikasi ini memudahkan para penggunanya untuk memudahkan dekorasi setiap ruangan di dalam rumah. Di aplikasi ini, kamu bisa melakukan banyak hal. Salah satunya adalah memilih tata letak barang di dalam ruangan.

Design Home menyediakan katalog furnitur dengan berbagai model, merek, dan warna. Kamu bisa memilih untuk mendesain rumah dengan berbagai tema.

21. Home Design 3D

Home-Design-3D

Aplikasi terakhir yang akan direkomendasikan untuk kamu adalah Home Design 3D. Aplikasi ini tersedia untuk platform Android. Kalau ingin menggunakannya, kamu bisa langsung mendownload melalui Playstore.

Ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 150 MB. Meski ukurannya kecil, fiturnya cukup lengkap. Di aplikasi ini, kamu bisa mengkustom beberapa hal sebagai berikut:

  • Warna dan motif dinding
  • Pola lantai
  • Aksesoris interior
  • Denah ruangan

Dari sekian banyak aplikasi desain rumah yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira aplikasi mana yang akan kamu pakai? Masing-masing aplikasi tentu memiliki fitur, keunggulan, dan kekurangan. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.