3 Cara Transfer DANA ke OVO dan Persyaratannya Terbaru


Belum banyak yang tahu cara transfer DANA ke OVO dan sebaliknya. Padahal, cara ini sangat perlu diketahui semua orang, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Ya, saat ini, dompet digital seperti DANA dan OVO sudah banyak digunakan, memudahkan orang untuk transfer dan melakukan pembayaran.

DANA memiliki banyak fitur, salah satunya adalah kirim saldo ke rekening bank atau dompet digital lainnya. Sebelum melakukannya, ada syarat dan ketentuan yang harus kamu tahu. Lebih jelasnya, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang DANA dan OVO

1. Apa itu DANA?

Apa-itu-DANA

Sebelum membahas bagaimana cara transfer DANA ke OVO, lebih baik tahu dulu sekilas tentang DANA. Jadi kamu bisa memahami semua fitur di dalamnya dan memanfaatkannya dengan maksimal untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk transfer uang ke OVO.

Jadi, DANA adalah salah satu dompet digital Indonesia yang aman, terpercaya dan bisa diandalkan untuk segala situasi dan kondisi. Layaknya dompet biasa, kamu bisa memanfaatkan DANA untuk membayar tanpa uang cash dan tanpa kartu.

Masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari DANA, seperti membayar cicilan, tagihan hingga melakukan investasi. Intinya, dompet digital ini sangat memudahkanmu memenuhi hajat hidup di era digital dengan lebih mudah dan nyaman.

DANA sudah tersedia untuk Android dan iOS, bisa kamu download di Google Play dan App Store. Cara menggunakannya juga mudah, kamu bisa registrasi menggunakan nomor HP yang masih aktif. Setelahnya, kamu sudah bisa menggunakan DANA dan memanfaatkannya dengan maksimal.

2. Apa itu OVO?

Apa-itu-OVO

Sama seperti DANA, OVO adalah aplikasi dompet digital, yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Berkat aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembayaran secara online, tidak lagi membutuhkan uang cash apalagi kartu.

Aplikasi ini akan memudahkanmu hidup di dunia digital, yang semuanya bisa dilakukan secara cashless. Cukup dengan OVO, kamu bisa membayar tagihan dan belanja online, mencicil kredit, membayar tagihan bulanan hingga melakukan investasi.

OVO juga sudah tersedia di Google Play dan App Store. Pengguna Android dan iPad/iPhone bisa mengunduh OVO dari kedua sumber secara gratis. Cara daftar dan membuat akun di OVO juga mudah, cukup menggunakan nomor HP yang aktif saja.

3. Fitur Unggulan DANA

Fitur-Unggulan-DANA

Tidak hanya transfer ke OVO dan dompet digital lainnya, DANA masih memiliki fitur yang tidak kalah bermanfaat. Sebelum menggunakan DANA, sebaiknya mempelajari fitur-futurnya agar tidak membuat kesalahan ketika menggunakannya.

Berikut beberapa fitur unggulan DANA yang harus kamu tahu :

DANA memiliki fitur yang bernama DANA Protection, yang akan membuatmu merasa aman ketika bertransaksi menggunakan DANA. Fitur ini menjamin semua transaksi yang kamu lakukan di DANA aman 100%. Jadi kamu bisa bertransaksi dengan nyaman, tenang dan tanpa kekhawatiran sama sekali.

Sudah banyak merchant yang menjadi mitra DANA. Maksudnya, merchant tersebut menggunakan DANA sebagai metode pembayaran, online maupun offline. Ketika kamu belanja online, kamu bisa menggunakan DANA sebagai metode pembayaran, asal saldo mencukupi.

Begitu juga jika kamu keluar untuk makan atau sekedar nongkrong, bisa melakukan pembayaran dengan DANA melalui QR Code yang tersedia. Kamu tinggal memindai QR Code tersebut untuk melakukan pembayaran yang cashless dan aman.

Dengan DANA, kamu bisa kirim dan menerima uang dengan mudah, seperti mengirimkan pesan. Kamu bisa mengirim uang ke orang lain, tanpa membutuhkan nomor rekening sama sekali. Kamu hanya butuh nomor HP dari orang tersebut, yang telah didaftarkan ke DANA atau dompet digital lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa terima uang dari orang lain dengan mudah, online maupun offline. Jika ada orang yang ingin mengirimkan uang secara langsung, cukup tunjukkan QR Code ke mereka. Si pengirim hanya butuh memindai QR Code tersebut untuk mengirimkan uang ke kamu.

Kamu bisa memanfaatkan DANA untuk membayar berbagai tagihan bulanan yang kamu tanggung. Kamu bisa menggunakan DANA untuk beli pulsa, bayar tagihan listrik, PDAM, BPJS, TV kabel dan masih banyak yang lainnya. Kamu tidak perlu ke luar rumah, cukup di rumah dengan DANA.

  • Saldo DANA/Saldo Kartu Bank

Kamu tidak perlu khawatir jika saldo DANA habis, karena masih bisa menggunakan saldo dari kartu bank. Ini hanya bisa kamu lakukan jika sudah menghubungkan dan menyimpan kartu kredit atau kartu debit di DANA.

Masih banyak fitur DANA lainnya, yang bisa kamu manfaatkan dengan baik. Misalnya saja membeli emas dan menjualnya lewat DANA. Kamu juga bisa menggunakan DANA untuk membeli jenis investasi yang kamu inginkan.

4. Fitur Unggulan OVO

Fitur-Unggulan-OVO

Sebenarnya, fitur OVO tidak jauh berbeda dengan DANA, karena sama-sama dompet digital. Namun, tetap penting untuk memahaminya, agar bisa menggunakannya dengan maksimal. Karena itu, kamu harus membaca fitur unggulan OVO di bawah ini :

OVO telah bekerja sama dengan lebih dari 500.000+ merchant di Indonesia. Jadi, kamu bisa menggunakan OVO untuk membayar apa saja, mulai dari bayar tagihan listrik, parkir, BPJS, layanan Grab hingga belanja online di Tokopedia dan marketplace lainnya.

Setiap kali kamu melakukan transaksi menggunakan OVO, maka berhak mendapatkan OVO Points. 1 OVO Points sama nilainya dengan Rp 1, yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat transaksi yang kamu lakukan berikutnya.

OVO juga memungkinkanmu bisa transfer uang ke semua bank yang ada di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa kirim dana dari OVO ke dompet digital lainnya. Jadi, kamu tidak perlu datang ke bank langsung untuk transfer uang. Cukup isi saldo OVO secara rutin.

Kamu bisa isi saldo dengan banyak cara, hal ini memudahkan pengguna untuk memastikan saldo OVO tidak kosong. Kamu bisa isi saldo OVO di ATM, minimarket, internet dan mobile banking dan lain sebagainya. Jadi tidak harus punya rekening bank, karena bisa lewat minimarket.

Kamu bisa download OVO sekarang untuk merasakan kemudahan hidup di era digital. Cukup daftar menggunakan nomor HP, dan kamu sudah bisa menggunakan OVO untuk berbagai keperluan.

Perbedaan DANA dan OVO

Perbedaan-DANA-dan-OVO

Apakah ada perbedaan DANA dan OVO? Sebenarnya, karena sama-sama aplikasi dompet digital, tidak ada perbedaan DANA dan OVO. Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang hampir serupa, jadi tidak ada perbedaan yang berarti.

Dari sekian aplikasi dompet digital lainnya, DANA dan OVO memang salah satu yang paling banyak digunakan. Jika pun ada hal yang membedakan kedua aplikasi ini, mungkin hanya pada perusahaan yang menaunginya.

Ya, DANA adalah aplikasi dompet digital yang berada di bawah perusahaan PT Espay Debit Indonesia Koe. Sedangkan OVO berada di bawah naungan perusahaan PT Visionet Internasional. Selain hal ini, DANA dan OVO nyaris mirip, dalam hal fungsi maupun fiturnya.

Pastinya, keduanya juga sama-sama terlah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal ini memungkinkan transaksi menggunakan DANA dan OVO aman 100%. Pengawasan OJK untuk lembaga keuangan seperti DANA dan OVO memang sangat penting dan wajib sifatnya.

Syarat Transfer DANA ke OVO

Syarat-Transfer-DANA-ke-OVO

Selain cara transfer DANA ke OVO, kamu juga harus tahu syarat apa saja yang harus kamu penuhi untuk bisa melakukan hal tersebut. Hal ini penting, karena tanpa syarat tersebut, kamu tidak akan bisa transfer ke OVO atau ke dompet digital lainnya.

  • Sudah harus upgrade akun DANA ke DANA Premium, caranya hanya dengan verifikasi KTP.
  • Minimal saldo dana Rp 10.999.

Jika kamu ingin melakukan sebaliknya, yaitu transfer OVO ke DANA, syarat-syaratnya adalah seperti di bawah ini :

  • Sudah harus upgrade akun OVO ke OVO Premium. Caranya sama, yaitu dengan upload KTP untuk verifikasi.
  • Saldo minimal OVO Rp 12.500.

Upgrade DANA dan OVO ke versi premium memiliki banyak keuntungan, tidak hanya bisa transfer ke antar dompet digital atau bank. Masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu nikmati, salah satunya limit saldo yang bisa kamu simpan, bisa mencapai Rp 10 juta.

Biaya dan Batas Minimal Transfer DANA ke OVO

Biaya-dan-Batas-Minimal-Transfer-DANA-ke-OVO

Kamu juga harus tahu biaya yang akan kamu tanggung ketika transfer DANA ke OVO. Hal ini penting untuk kamu tahu, agar bisa memastikan saldo DANA cukup untuk melakukan transfer. Akan ada biaya transfer, jadi pastikan saldo DANA benar-benar cukup, uang yang ditransfer maupun biaya transfernya.

Biasanya, pengguna baru DANA dapat transfer ke OVO secara gratis. Namun ada batasannya, transfer gratis ini hanya bisa dilakukan selama 10 kali saja. Jika lebih dari 10 kali, maka akan dikenai biaya transfer, yaitu Rp 4.500 per transaksi.

Selanjutnya, ada batas uang yang bisa kamu transfer dari DANA ke OVO. Ya, minimal uang yang bisa kamu transfer ke DANA adalah Rp 50.000. Tidak ada pilihan lain untuk transfer di bawah nominal tersebut, jadi pastikan saldo DANA benar-benar cukup.

Cara Transfer DANA ke OVO

Cara-Transfer-DANA-ke-OVO-1

Ingin bayar hutang atau iuran kepada teman yang menggunakan OVO? Tidak perlu khawatir, caranya sangat mudah kok. Setelah kamu upgrade ke DANA Premium dengan verifikasi KTP, kamu bisa transfer dari DANA ke dompet digital lainnya atau rekening bank dengan mudah.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, penjelasan masing-masing cara bisa kamu cek di bawah ini :

1. Transfer DANA ke OVO dengan Fitur Kirim

Cara transfer DANA ke OVO yang pertama bisa kamu lakukan melalui fitur Kirim. Fitur ini bisa langsung kamu lihat begitu membuka aplikasi DANA. Melalui fitur ini, kamu bisa kirim uang ke OVO (dan dompet digital lainnya) atau ke rekening bank.

Jika kamu baru pertama kali ingin melakukannya, simak penjelasan di bawah ini dengan sebaik-baiknya :

  • Buka aplikasi DANA di smartphone.
  • Setelah masuk ke dalamnya, pilih fitur Kirim.
  • Setelahnya pilih Kirim ke Rekening Bank untuk transfer uang ke OVO.
  • Setelah muncul pilihan bank, pilih Bank National Nobu atau CIMB Niaga.
  • Jika sudah, sekarang masukkan kode bank plus nomor HP yang digunakan untuk OVO.
  • Jika pilih Bank National Nobu, formatnya adalah 9+nomor HP yang terdaftar di OVO.
  • Jika pilih CIMB Niaga, formatnya adalah 8099+nomor HP yang terdaftar di OVO.
  • Jika sudah, tuliskan nama di kolom (opsional, bisa dikosongkan jika tidak diperlukan).
  • Jika keterangan sudah diisi dengan lengkap, klik Tambah Bank Baru.
  • Lalu masukkan nominal yang ingin dikirimkan ke OVO, dan klik Lanjut.
  • Beri keterangan di Tambah Catatan jika dibutuhkan.
  • Jangan lupa cek ulang akun OVO, barangkali salah menuliskan nomor HP.
  • Jika sudah yakin benar, klik tombol Konfirmasi.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan PIN DANA untuk verifikasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga transaksi selesai diproses. Jika berhasil akan muncul notifikasi.

Setelah transfer DANA ke OVO selesai, kamu bisa cek ke akun OVO tujuan, apakah ada uang yang masuk atau belum. Jika tidak ada masalah, seharusnya transfer tersebut berhasil.

2. Transfer DANA ke OVO Melalui Fitur Tarik Saldo

Cara transfer DANA ke OVO berikutnya bisa melalui fitur Tarik Saldo, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buka aplikasi DANA.
  • Kemudian masuk ke menu Lihat Semua dan pilih Tarik Saldo.
  • Selanjutnya klik Transfer Bank.
  • Lalu masukkan nominal uang yang ingin kamu transfer ke OVO.
  • Di opsi nama bank, pilih Bank National Nobu atau CIMB Niaga.
  • Selanjutnya masukkan kode bank plus nomor HP yang terdaftar di OVO. Untuk Bank National Nobu kodenya adalah 9, sedangkan untuk CIMB Niaga kodenya adalah 8099.
  • Jika sudah, sekarang pilih Tarik Saldo.
  • Selanjutnya akan muncul halaman Konfirmasi Tarik Saldo, cek semua detail agar tidak ada yang salah.
  • Jika semua sudah sesuai, klik Tarik Saldo.
  • Sekarang masukkan PIN DANA untuk konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi bahwa transfer DANA ke OVO berhasil.
  • Selesai, sekarang hubungi akun OVO tujuan, apakah ada uang masuk atau belum.

3. Transfer DANA ke OVO Lewat Saldo Digital

Cara yang ketiga adalah melalui Saldo Digital, langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

  • Buka aplikasi DANA.
  • Masuk ke menu Lihat Semua.
  • Lalu lihat bagian menu Top Up, di sana pilih Saldo Digital.
  • Karena ingin transfer ke OVO, maka klik OVO.
  • Masukkan nomor HP OVO tujuan, jangan sampai ada yang salah.
  • Lalu isi nominal transfer yang kamu inginkan. Jika sudah klik Lanjutkan.
  • Setelah yakin tidak ada yang salah, klik Konfirmasi.
  • Terakhir klik Bayar untuk mengirimkan uang ke OVO.
  • Kamu mungkin harus memasukkan PIN DANA sebagai verifikasi.
  • Selesai, cek akun OVO tujuan apakah ada dana yang masuk atau belum.

Cara Transfer OVO ke DANA

Cara-Transfer-OVO-ke-DANA

Bagaimana jika kamu ingin transfer dari OVO ke DANA? Tentu saja bisa, caranya bisa kamu pelajari di bawah ini :

  • Buka OVO lalu masuk ke menu Transfer.
  • Selanjutnya pilih Rekening Bank.
  • Di bank tujuan, pilih Bank Permata.
  • Selanjutnya isi kode transfer Bank Permata + Nomor HP akun OVO. Formatnya adalah 8528+nomor HP, contohnya 8582082233334444.
  • Selanjutnya masukkan nominal uang yang ingin dikirim ke DANA, lalu klik Lanjutkan.
  • Periksa nomor DANA apakah sudah betul, jika sudah benar klik Konfirmasi.
  • Lalu masukkan PIN OVO untuk verifikasi.
  • Selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi jika transfer berhasil dilakukan.

Cara transfer DANA ke OVO ada 3, pilih salah satu cara yang menurutmu paling tidak menghabiskan waktu. Jangan lupa untuk periksa nomor OVO tujuan, agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.