Apa Itu Kabel Hdmi Dan Fungsi Hdmi

Dalam ulasan kali ini, serba definisi akan mengupas perihal kabel HDMI dan fungsi dari kabel HDMI itu sendiri.

Pada saat kita menghubungkan VCD Player dengan TV, ada beberapa soket yang sediakan. Paling umum adanya soket untuk Video dan soket untuk Audio. Kedua soket tersebut kita hubungakn untuk mampu memutar film dengan bunyi.

Nah kini pernahkan anda menonton suatu film di Youtube, dimana layarnya adalah TV (bukan layar laptop). Anda menghubungkan antara Laptop dengan TV lewat kabel HDMI, cukup cuma satu kabel (tidak ada kabel Video dan Audio).

Jika kita amati antara TV dengan VCD Player serta Laptop dengan TV, cara menghubungkannya menggunakan kabel yang berlainan dan pada Laptop dengan TV hanya cukup membutuhkan kabel HDMI saja. Apa sich kabel HDMI. Untuk itu, disini kita akan membicarakan seperti kabel HDMI itu, dilanjukan dengan fungsi dan kelebihan kabel HDMI.

Apa itu HDMI

HDMI ialah kependekan dari High Definition Multimedia Interface, dimana HDMI menjadi konektor audio dan video antara satu perangkat dengan perangkat yang lain, namun hanya cukup satu kabel tunggal.

Seperti yang terlihat sepeti gambar diatas, kita menghubungkan Laptop dengan TV lewat kabel HDMI. Selain itu, kita juga dapat menghubungkan seluruh sumber audio dan video seperti Blu-ray Disc Player, PC, Video game Console dengan satu kabel.

HDMI bisa mendukung aneka macam macam format dari mulai yang paling tolok ukur hingga yang bermutu tinggi (HD) pada komputer, televisi, atau perangkat yang lain yang sudah mempunyai port HDMI.

Fungsi Kabel HDMI

Fungsinya adalah selaku konektor penghubung antara satu perangkat dengan perangkat yang lain, dimana cukup dengan satu kabel (HDMI) maka data video dan audio akan dikirim secara lebih baik kualitasnya.

Kelebihan Kabel HDMI

  • Karena bersifat digital, maka HDMI tidak melakukan kompresi sinyal sehingga akan menghasilkan mutu yang bagus.
  • Pada kabel HDMI kecepatan transfer data hingga 10.2 GB per detik sehingga akan menghasilkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.
  • HDMI dapat berkomunikasi secara dua arah, dengan demikian antara alat yang satu dengan yang yang lain dapat berinteraksi. Misalkan : sebuah HDTV (High Definition TV) dengan DVD Player, singkatnya dapat saling berkomunikasi untuk menerima pengaturan terbaik supaya gambar tampil secara maksimal. 
  • Kabel HDMI memakai kabel tunggal, meskipun sebenaranya terdapatt 19 kabel yang terbungkus pada suatu kabel tunggal. Dengan demikian menjadikan kabel HDMI menjadi dalam penggunaannya.

Jenis-jenis kabel HDMI

  1. Kabel HDMI tipe A.
    Jenis kabel HDMI tipe A ialah jenis kabel HDMI yang umum dan sering dipakai dalam berbagai perangkat elektornik. Kita mampu menjumpai jenis kabel ini pada Laptop, Blue Ray dan perangkat yang lain.  Dalam jenis ini, tersusun dari 19 pin di dalam konektornya yang mempunyai ukuran dimensi 13,99 mm x 4,45 mm dan disebut juga HDMI Full Size connector.
  2. KabelHDMI tipe B.
    Pada Jenis ini ukurannya sedikit lebih besar ketimbang kabel HDMI tipe A. Pada jenis ini terdapat 29 pin di dalam konektornya, dimana model ini dimaksudkan untuk teknologi performa era depan, yang resolusinya ultra tinggi. (UHDTV, Ultra High Definition Television). Oleh sebab itu konektor HDMI tipe B belum dipergunakan secara komersial.
  3. Kabel HDMI tipe C.
    Walaupun kabel HDMI tipe C berisikan 19 pin seperti HDMI tipe A, tetapi ukurannya lebih kecil dari tipe A. HDMI tipe C memiliki dimensi 4,45 mm x 13,9 mm. Jenis ini ditujukan untuk perangkat elektronika yang berukuran sedang, seperti camcorder (handycam), tablet dll.
  4. Kabel HDMI tipe D.
    Karena peruntukan HDMI tipe D untuk perangkat elektronika yang berukuran kecil, mirip camera digital saku, smartphone dll, maka tipe ini sering disebut dengan HDMI micro connector. Pada tipe ini terdapat 19 pin dengan dimensi 2,8 mm x 6,4 mm.