Apa Itu Vlog Dan Mengenal Aplikasi Vlog

Serba definisi kali ini akan mengupas suatu topik perihal apa yang dimaksud dengan vlog beserta aplikasi-aplikasi yang mampu dipakai dalam membuat vlog.

Pastinya diantara kita semua pernah melihat video-video di internet, mirip : video panduan, video suatu insiden dsb. Dan rata-rata video tersebut gampang kita jumpai pada Youtube. Video-video yang beredar bukan hanya sekedar video yang dibuat oleh suatu perusahaan, namun berbagai kita temui video-video tersebut dilakukan oleh individu-individu yang memiliki bakat dalam membuat video.

Saat ini membuat suatu video bukanlah perkara susah, ada banyak editor atau tool yang dapat kita gunakan dalam mengemas suatu video sehingga melahirkan kisah visual yang menarik. Kalo dulu banyak orang menciptakan blog, sekarang trendnya mengarah ke video. Lalu apa hubungannya blog dengan video ?. Untuk itu dibawah ini akan diuraikan tentang vlog dalam kaintannya dengan blog.

Apa itu Vlog ?

Vlog adalah kependekan dari Video BLog, maksudnya yaitu konten digital yang dibuat oleh seseorang untuk dibagikan dalam bentuk Video. Bisa dikatakan juga VLOG ini yaitu Blog dalam wujud media Video. Kaprikornus VLOG tidak begitu berlawanan dengan BLOG, sama-sama ialah konten digital yang sengaja ingin dishare ke khalayak ramai dan mampu diakses secara free. Perbedaannya hanya saja VLOG mempergunakan media Visual dan Audio sehingga menjadi sebuah tontonan Video yang lebih asyik dilihat dibandingkan text mirip Blog.

Jika pada permulaan-permulaan seseorang menciptakan Blog lebih berbasis text yang diikuti dengan gambar. Namun tren kini seiring dengan meratanya dan pertumbuhan kecepatan internet yang terus bertambah, maka mengakses sebuah Video tidak membutuhkan waktu yang lama.

 Apa itu Vlogging ?

Vlogging adalah sebuah acara yang berhubungan dengan proses pengerjaan Vlog (Video Blog). Misalnya pengerjaan video menggunakan Kamera atau Handphone maupun software screen recorder bila kita ingin membuat video penjelasan sesuatu yang keseluruhan visualnya berasal dari screen dari laptop.

Lebih lengkapnya, vlogging itu berhubungan dengan input (seperti : kamera, hp dsb), proses (editing video) sehingga melahirkan output berupa produk yang disebut dengan Vlog.

Apa itu Vlogger ?

Vlogger yaitu orang yang membuat atau menciptakan karya Vlog itu sendiri. Saat ini sudah banyak Vlogger tumbuh di Indonesia. Bahkan mampu dibilang popularitas Vlog sedang dalam tahap mengalahkan Blog.

Ada motivasi tertentu kenapa Vlog terus berkembang, salah satunya yaitu konten video tersebut dapat dimonetisasi sama halnya seperti Blog. Kecendrungan orang yang membutuhkan isu tertentu akan lebih efektif dan menarik jika disuguhkan dalam bentuk Video daripada dalam bentuk text. Makara tak heran kalau dikala ini banyak orang yang mengupload video ke Youtube.

Mengenal Aplikasi Vlog

Untuk melahirkan suatu produk Vlog, kita membutuhkan sebuah software untuk mengemas beberapa pecahan video sehingga dibungkus menjadi satu dan tersajikan dengan visual yang menarik.

Beberapa tutorial software editing video yang mampu kita gunakan adalah :

  • Sony Movie Studio 13, aplikasi editing video berbayar yang tersedia dalam tiga edisi : Suite, Platinum dan Standard. Tentunya setiap edisi mempunyai fitur yang berbeda.
  • Corel Video Studio, aplikasi berbayar yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang sungguh banyak sehingga akan mengesankan anda sebagai seorang vlogger professional.
  • Screencast-O-Matic, digunakan untuk merekam segala acara yang dilaksanakan pada komputer (Screen recorder).
  • Filmora
  • DemoCreator juga ialah screen recorder.
  • Windows Movie Maker, merupakan aplikasi 
  • Avidemux, aplikasi editing video yang free banyak menawarkan keperluan-kebutuhan yang sering dibutuhkan dalam proses editing video.