Apa Yang Dimaksud Dengan Gorilla Glass

Pada tema teknologi kali ini, serba definisi akan membicarakan perihal pemahaman Gorilla Glass serta keunggulan smartphone yang menggunakan Gorilla Glass.

Pada saat kita berbelanja suatu smartphone lalu membaca-baca spesifikasi smartphone teserbut, lalu ada suatu spesifikasi yang menyatakan layar sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass. Bahkan kalau kita berbelanja Smartphone sekarang ini telah dilengkapi dengan  Gorilla Glass 5 yang konon katanya mempunyai ketahanan sebesar 80% ketika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter. Sementara pendahulunya, Gorilla Glass 4, hanya bertahan dari ketinggian 1 meter saja. Lalu kira-kira apa itu Gorilla Glass dan faedah bagi layar smartphone.

Apa itu Gorilla Glass

Gorilla Glass yaitu lembaran-lembaran beling yang terbuat dari kaca aluminosilikat alkali yang mempunyai ukuran tipis dan bersifat ringan, tahan terhadap goresan, anti air bahkan sampai dengan tahan terhadap benturan keras. Intinya Gorilla Glass bertindak sebagai  screen protector yang berfungsi untuk menghemat gangguan dari luar.

Gorilla Glass dibuat oleh sebuah perusahaan kaca dan keramik yang berbasis di New York yang berjulukan Corning. Oleh alasannya adalah itu, kadang sering juga disebut dengan ungkapan panjangnya yakni :Corning Gorilla Glass. Sedangkan pabrik yang membuat kaca Gorilla Glass berada di Harrodsburg, Kentucky Amerika dan di Shizuoka, Jepang.

Gorilla Glass mulai diperkenalkan pada ponsel pintar sejak tahun 2007. Sejak diperkenalkan, Gorilla Glass terus digandrungi oleh vendor Smartphone karena  mengenang ketahanan yang diberikan berbanding terbalik dengan ukurannya yang cukup tipis. Karena itu, sekitar 75 persen produsen Smartphone tetap loyal memakai Gorilla Glass selaku pelindung luar dari perangkat besutannya.

Penggunaan Gorilla Glass bukan cuma di smartphone, beberapa vendor Android Wear juga memakai  Gorilla Glass. Berbagai produk elektronik yang lain yang memiliki layar juga banyak yang sudah memakai Gorilla Glass, seperti : TV, Tablet. Bahkan tren beling yang dipakai pada gedung-gedung perkantoran telah mengadopsi Gorilla Glass.

Sejarah Gorilla Glass

Pada tahun 1960, perusahaan Corning dalam sebuah proyek yang diberinam “Project Muscle” melakukan sebuah observasi perihal beling yang diperkuat dengan materi kimia. Hasil eksperimen tersebut sukses mengembangangkan beling yang disebut dengan “Chemcor Glass”, namun belum diproduksi secara massal. Permintaan Chemcor Glass ini pernah dipesan  oleh Race Car Dodge Dart dan Plymouth Barracuda, dimana berat kaca mobil tersebut menjadi menyusut sehingga menambah kecepatan mobil tersebut. Chemcor Glass ini dipandang sebagai pendahulu dari Gorilla Glass.

Setelah Steve Jobs mendapati prototipe Iphone tergores oleh kunci yang diletakkan dalam saku celananya, Setelah Steve Jobs berpikir bagaiman cara mengatasinya sampai dia mendapatkan informasi tentang perusahaan Corning Inc.

Steve Jobs secepatnya menelepon CEO Corning Inc., Wendell Weeks, dan mengatakan bahwa perusahaan “Apple” membutuhkan kaca yang ringan dan kuat untuk digunakan pada Iphone. Tentu saja Wendell Weeks mengatakan sungguh mungkin mampu dipraktekkan. Karena teknologi ini sudah dikembangkan oleh perusahaan Corning semenjak tahun 1960, namun kurang diketahui alasannya adalah belum menemukan bentuk untuk diimplementasikan.

Pabrik Corning di Harrodsburg, Kentucky merilis Corning Glass  generasi pertama yang didedikasikan Iphone pada Juni 2007.

Fungsi Gorilla Glass

Sebelum kedatangan Gorilla Glass, pelindung layar (screen protector) pada gadget hp lebih bersifat terhadap pelindung kepada tabrakan biasa. Namun semenjak kehadiran Gorilla Glass telah membawa fenomenal yang luar biasa pada Smartphone, dimana Gorilla Glass mampu mempunyai dua fungsi secara biasa , yakni :

  • Gorilla Glass bersifat Waterproof
    Berfungsi selaku pinjaman layar yang tahan rusak dan juga tahan dikala berada dalam air.
  • Gorilla Glass bersifat Scratch-Resistant
    Berfungsi untuk melindungi laya dari gesekan dan juga tahap terhadap benturan yang keras. Seperti yang disebutkan diatas, Gorilla Glass 5 diklaim memiliki efektivas 80% akan tahan jikalau dijatuhkan dari ketinggian 1.6 meter.