Apa Yang Dimaksud Dengan Image Processing Dan Computer Vision

Topik pembahasan kita kali ini berkenaan dengan bahan yang sering ditemui dalam matakuliah di jurusan teknik informatika yakni mata kuliah Image Processing dan Computer Vision.

Image Processing sering diterjemahkan dalam bahasa indonesia sebagai “Pengolahan Citra Digital”, sedangkan Computer Vision sebagai “Visi Komputer”. Dari kedua bidang ilmu tersebut, kira-kira ada tidak kesamaannya atau ada tidak perbedaan antara Image Processing dan Computer Vision. Untuk menjawabnya, mirip umumkita akan memahami pengertian dari kedua perumpamaan bidang ilmu tersebut.

Pengertian Image Processing

Image processing atau yang sering disebut selaku “Pengolahan Citra Digital” sudah banyak diartikan dalam beberapa definisi, beberapa diantaranya :

  • Pemrosesan gambar berdimensi-dua lewat komputer digital (Jais, 1989)
  • Pengolahan citra ialah bidang studi yang mempelajari proses pengolahan gambar dimana baik masukan dan keluarannya berbentuk berkas citra digital (Arymurthy & Setiawan, 1992).
  • Pemrosesan dari citra-gambaran dan output dari image processing akan juga menjadi suatu image (Niblack, 1986).

Dari beberapa kutipan definisi diatas, mampu ringkaskan bahwa input yang berupa gambar setelah mengalami pemrosesan akan menghasilkan gambar juga (seperti gambar dibawah ini):

Dari gambar diatas, kita memiliki sebuah gambar (sering diistilah dengan citra) yang memiliki noise berupa derau atau bintik-bintik. Kemudian input gambar tersebut kita tingkatkan kualitasnya dengan menghilangkan bintik-bintik tersebut untuk menciptakan gambar yang lebih manis.

Tujuan Image Processing

Seringkali gambar yang kita miliki mengalami penurunan kualitas (degradasi), contohnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja gambar tersebut menjadi lebih sukar diinterpretasi sebab informasi yang disampaikan oleh gambaran tersebut menjadi menyusut.
Disinilah tujuan image processing dikerjakan dalam hal memanipulasi gambar yang degradasi tadi mengalami peningkatan kualitasnya.

Pengertian Computer Vision

Computer Vision atau yang biasa disebut dengan Komputer Visi mempunyai beberapa definisi, diantaranya :

  • Suatu bidang yang bertujuan untuk membuat suatu keputusan yang berkhasiat perihal objek fisik positif dan kondisi menurut atas suatu gambar/gambaran (Shapiro & Stockman, 2001).
  • Computer vision berafiliasi dengan perolehan gambar, pemrosesan, pembagian terstruktur mengenai, pengenalan, dan menjadi penggabungan, pengurutan pembuatan keputusan menuju pengenalan (Low, 1991).

Dari definisi diatas, kita dapat lebih meringkaskan maksud dari Computer Vision itu sendiri. Computer vison memiliki inputan berupa gambar(citra), lalu sesudah diproses akan menciptakan sebuah data ataupun deskripsi yang dapat dijadikan sebagai suatu cara untuk mengambil keputusan.

Misal :
“Gambar/citra berupa muka seseorang, lalu diekstrak wajah-muka tersebut sehingga nantinya dapat digunakan untuk pendeteksian muka seseorang berdasarkan data atau deskripsi dari hasil esktrak muka tersebut.

Tujuan Computer Vision

Ada beberapa tujuan yang mampu kita garis bawahi dari definisi Computer Vision, yakni:

  • Computer vision berhasrat menjadikan komputer selaku suatu mesin yang cerdas yang  mampu menangkap berita  atau data visual yang ada di lingkungannya layaknya seperti manusia.
  • Computer vision dapat menciptakan keputusan yang berkhasiat ihwal obyek fisik kasatmata berdasarkan gambar yang didapat.

Hubungan Image Processing dan Computer Vision

Dari gambar diatas, mampu kita lihat bahwa Image processing merupakan bab dari Computer Vision. Makara Image Processing selalu dilibatkan dalam keperluan Computer Vision.Image processing ialah proses permulaan (preprocessing) pada Computer Vision.