Benarkah Anies Baswedan Mendapatkan Gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi?


Suara.com – Beredar foto Anies Baswedan bersama beberapa orang Arab Saudi. Foto itu disebut sebagai momen Anies Baswedan yang menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi.

Foto tersebut bermula dari unggahan akun Facebook dengan nama pengguna Sabar Jadi Panjaitan (https://www.facebook.com/sabarjadi.panjaitan).

Ia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Anies Baswedan mengenakan jubah berwarna hitam didampingi oleh dua orang lainnya.

Berikut narasinya:

Baca Juga:
Pemprov DKI Tiadakan Operasi Yustisi, Kenneth PDIP ke Anies: Jangan Bermanuver yang Aneh

“Alhamdulillah ya Rabb, Gubernur Indonesia, Anies Baswedan mendapat gelar “Amirul Amanah” (Pemimpin yg Amanah) dari Saudi Arabia.”

Lalu benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, foto tersebut bukanlah dari foto Anies Baswedan yang menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi.

Faktanya foto tersebut adalah foto Anies yang menerima hadiah jubah dari seorang syekh di Jeddah pada tahun 2017 lalu. Bukan foto Anies yang mendapatkan gelar Amirul Amanah.

Baca Juga:
3 Nama Disebut Jadi Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies, Ini Pilihan PDIP

CEK FAKTA: Anies Baswedan dapat Amirul Amanah? (turnbackhox)
CEK FAKTA: Anies Baswedan dapat Amirul Amanah? (turnbackhox)

Foto asli terdapat di sebuah artikel Kumparan dengan judul “Anies Baswedan Dapat Hadiah Jubah dari Seorang Syekh di Jeddah” yang diunggah pada 8 September 2017.

Sebelumnya, narasi serupa juga pernah beredar pada awal tahun 2020.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas maka narasi yang menyatakan bahwa foto Anie mendapat hadiah jubah sebagai penghargaan Amirul Amanah adalah salah.

Unggahan tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.