Cara Melihat Jumlah VRAM Yang Tersedia di Windows 11





VRAM sering disebut sebagai texture memory, kalau kita merujuk pada data tekstur yang ada di model 3D poligonal yang menyimpan data gambar untuk ditampilkan. Grafik modern saat ini terdiri dari lebih dari sekadar model dan tekstur wireframe. Pada prinsipnya, VRAM ini sama dengan RAM pada sistem CPU yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis (VGA)

Apabila Anda bekerja ataumenggunakan aplikasi dengan GPU tertentu, seperti aplikasi pemodelan 3D atau memainkan game tingkat dengan spesifikasi tinggi disanalah fungsi dari VRAM ini sangat diperlukan, karena akan berpengaruh pada kecepatan dan fungsi dari aplikasi atau game yang Anda gunakan.

Oleh sebab itulah perlu rasanya untuk mengetahui berapa jumlah dan VRAM yang tersedia di PC/Laptop Anda. Berikut ini adalah Cara Melihat Jumlah VRAM Yang Tersedia di Windows 11 :

Pada windows 11 , Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengetahui kapasitas dan sisa dari VRAM Anda, karena fitur ini sudah ada secara default pada windows 11.

  • Kemudian klik tab System > Display
  • Setelah itu cari Advanced Display
  • Kemudian pada Display Information pilih Display Adapter Properties for Display 1
  • Disana perhatikan pada Dedicated Video Memory , itu adalah jumlah VRAM yang tersedia di PC/Laptop Anda.









Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.