Douyin Apk Download versi Terbaru, Bisa FYP dengan Mudah!


Tiktok sebagai aplikasi media sosial berbasis video berhasil mencapai kesuksesan yang luar biasa. Hingga saat ini, sudah lebih dari 1 miliar pengguna Tiktok dari seluruh dunia. Tapi ternyata banyak yang tidak tahu, ada aplikasi serupa Tiktok yang bernama Douyin apk khusus untuk internal Tiongkok.

Ya, aplikasi Douyin ini bisa disebut juga sebagai Tiktok versi Tiongkok. Walaupun keduanya mirip, tapi kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbeda. Uniknya, kedua aplikasi ini dikembangkan oleh developer yang sama. Kenapa bisa demikian? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Tentang Douyin Apk

Tentang-Douyin-Apk

Sama seperti Tiktok, Douyin adalah sebuah aplikasi media sosial berbasis video. Dimana setiap penggunanya dapat membagikan video menarik mereka di sini agar bisa dilihat oleh orang lain. Di setiap postingan video, setiap pengguna juga bisa berinteraksi di dalamnya.

Secara tampilan, Douyin sangat mirip Tiktok. Karena memang pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi yang sama seperti Tiktok namun hanya dikhususkan untuk di negara Tiongkok saja. Sehingga semua fitur di Tiktok bisa kamu temukan di Douyin. Sebaliknya, fitur di Douyin juga ada di Tiktok.

Di sini kamu masih bisa melakukan live streaming seperti halnya di aplikasi Tiktok. Melihat-lihat video fyp juga masih bisa dan tentunya kalau kamu punya keinginan menjadi konten kreator, maka masih sangat terbuka untuk dilakukan di platform ini.

Meskipun Douyin apk secara normal hanya tersedia untuk pengguna di Tiongkok, namun dengan canggihnya teknologi kamu pun bisa merasakan bagaimana rasanya menggunakan Tiktok Tiongkok tersebut.

Tentu saja sebagai aplikasi yang sebenarnya tidak dirilis secara global akan ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kalau kamu ingin menggunakan Douyin, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang aplikasi yang satu ini. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Douyin.

Fitur pada Aplikasi Douyin

Fitur-pada-Aplikasi-Douyin

Seperti yang telah kami jelaskan pada poin sebelumnya, aplikasi Douyin memiliki banyak fitur yang mirip seperti di Tiktok. Tapi apa sajakah fitur tersebut? Berikut ini beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Douyin.

Membagikan Video

Ini adalah fitur utama yang menjadikan aplikasi ini mirip dengan Tiktok sekaligus yang membuatnya sangat populer di Tiongkok. Setiap pengguna di aplikasi ini bisa membagikan video milik mereka secara gratis untuk bisa ditonton oleh orang lain.

Batas durasi yang bisa diunggah pun cukup panjang. Sehingga cukup untuk kamu yang ingin membuat konten dan membagikannya di platform Douyin apk ini.

Nantinya, video yang kamu bagikan bisa ditanggapi oleh orang lain dengan berbagai macam jenis interaksi. Seperti memberikan like, memberikan komentar, atau melakukan stich. Bahkan mereka juga bisa menyimpan atau membagikan video yang kamu bagikan tersebut.

Bagi kamu yang sudah pernah bermain Tiktok pasti mengerti dengan istilah yang satu ini. For Your Page atau yang sering juga disebut dengan FYP adalah sebuah halaman awal yang akan kamu temui ketika pertama kali membuka aplikasi Tiktok ataupun Douyin apk.

Di halaman ini, akan ditampilkan video random dari para pengguna Tiktok atau Douyin yang videonya berhasil masuk ke halaman FYP. Biasanya, video yang berhasil masuk ke halaman ini akan mendapatkan penonton, like, dan komentar yang sangat tinggi.

Video yang muncul di FYP ini juga sebenarnya tidak terlalu random. Sistem dari aplikasi cukup pintar untuk mengetahui apa minatmu berdasarkan dari interaksimu dengan konten-konten sebelumnya yang sudah diberikan.

Fitur menarik berikutnya dari aplikasi Douyin adalah live streaming. Kita tentu tahu bahwa fitur ini juga menjadi andalan dari aplikasi Tiktok. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan live streaming agar bisa ditonton oleh para follower-mu atau bahkan orang lain.

Ya, live streaming memungkinkan untuk ditonton oleh orang lain karena pada dasarnya live streaming bisa masuk ke halaman FYP. Nah, ketika kamu live streaming dan berhasil masuk FYP, ini akan membuat live streaming-mu berkesempatan ditonton oleh orang yang bukan follower-mu.

Sama seperti postingan video, di live streaming para penonton juga bisa berinteraksi secara langsung denganmu. Interaksi ini bisa berupa like maupun live komentar yang mereka berikan dan akan langsung di layar smartphone-mu.

Saat ini banyak video yang diedit menggunakan Tiktok dengan penambahan berbagai macam filter dan stiker lucu yang hanya bisa dilakukan dari Tiktok. Hal ini tak terlepas dari besarnya komunitas pengguna aplikasi Tiktok sehingga di sini ada banyak sekali filter buatan pengguna yang tersebar.

Ini juga berlaku untuk aplikasi Douyin apk. Karena aplikasi ini mirip Tiktok, kamu pun bisa melakukan editing video di dalamnya. Tentu saja editing yang dimaksud di sini bukanlah editing kompleks seperti halnya yang biasa dilakukan di aplikasi editing video sebenarnya.

Kamu hanya bisa melakukan editing sederhana seperti menambahkan lagu, menambahkan efek, filter, stiker, dan lain-lain. Namun dengan adanya fitur ini setidaknya kamu akan terbantu karena tidak perlu lagi menggunakan aplikasi editing video jika hanya ingin memberikan efek sederhana.

Stitch adalah fitur dari Douyin yang sangat menarik. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menanggapi video orang lain dengan memberikan videomu sendiri. Dengan kata lain, kamu menggabungkan video orang yang di-stitch dan disambungkan dengan videomu sendiri.

Dimana video tersebut umumnya berupa tanggapan dari video yang sedang di-stitch. Tools yang tersedia pun sangat mendukung untuk membuat video tanggapan semacam ini. Kamu bisa melihat akun pembuat video pertama kali sehingga sumber dari video pun jelas.

Adanya fitur stitch ini membuat kreator Douyin apk tidak perlu repot ketika hendak menanggapi video orang lain. Tidak perlu harus mendownload video terlebih dahulu lalu menggabungkannya dengan video tanggapan karena semua langkah ini bisa langsung kamu lakukan di aplikasi Douyin.

Kalau kamu bertanya-tanya apakah di Douyin bisa melakukan download video seperti di Tiktok? Jawabannya adalah bisa. Tidak perlu khawatir karena di sini pun kamu juga bisa mendownload video orang lain yang kamu sukai.

Namun tetap saja, download video ini baru bisa dilakukan apabila pemilik video memberikan izin. Jika tidak, maka tombol download video tidak akan muncul. Namun solusinya kamu bisa mengcopy link dari video tersebut untuk dibawa ke website atau aplikasi downloader.

Di sini kamu juga bisa mendapatkan link video dengan cara yang sama presis seperti di Tiktok. Jika kamu pernah melakukan ini di Tiktok, pastinya kamu sudah familiar dengan apa yang akan dilakukan di Douyin. Yakni klik ikon bagikan kemudian pilih salin link.

Jika kamu tidak ingin mendownload video dari Douyin apk karena tidak ingin memenuhi memori tapi masih ingin melihat video tersebut di lain hari, kamu bisa menyimpan video ini. Douyin menyediakan fitur ini persis seperti yang bisa kamu pakai pada aplikasi Tiktok.

Adanya fitur ini sangat bermanfaat karena kamu tidak perlu memenuhi memori smartphone-mu. Selain itu, menyimpan video bisa dilakukan ke semua video di Douyin. Tidak seperti fitur download yang hanya bisa dilakukan pada beberapa video yang sudah diizinkan oleh author-nya untuk didownload.

Hanya saja, fitur ini memiliki kelemahan. Yaitu jika suatu hari video yang kamu simpan dihapus oleh pemiliknya. Maka video yang ada di daftar tersimpanmu juga akan menghilang. Ini juga berlaku jika pemilik video mengarsipkan video tersebut.

Perbedaan Douyin Apk dan Tiktok

Perbedaan-Douyin-Apk-dan-Tiktok

Jika dilihat dari desain dan fitur yang dimiliki, Douyin dan Tiktok sangatlah mirip. Bahkan keduanya sudah seperti dua aplikasi yang sama hanya diubah bahasanya saja. Tapi sebenarnya jika kamu teliti, kamu bisa menemukan perbedaan diantara keduanya.

Berikut ini beberapa perbedaan antara Douyin dan Tiktok yang akan menjawab rasa penasaranmu :

Perbedaan yang pertama dan yang cukup mencolok tentu saja perbedaan bahasa. Di Tiktok, kamu bisa mengatur penggunaan bahasa untuk berbagai macam bahasa di dunia. Secara default, Tiktok juga akan mengikuti bahasa di server mana di download.

Contohnya kalau kamu mendownload Tiktok menggunakan server Indonesia, maka kamu akan mendapatkan Tiktok dengan bahasa default Bahasa Indonesia.

Berbeda dengan aplikasi Douyin. Ketika kamu mendownload aplikasi ini, maka default bahasa yang dipakai adalah Bahasa Mandarin. Tidak peduli dari manapun kamu mengaksesnya, maka kamu akan tetap mendapatkan bahasa ini untuk pertama kali download.

Sebagai aplikasi yang memang pada dasarnya hanya dirilis untuk pengguna internet di Tiongkok, tentunya kamu akan menemukan banyak perbedaan di sini. Konten yang pasti kamu temukan di aplikasi Douyin apk ini adalah konten yang dibuat oleh orang lokal Tiongkok.

Berbeda dengan Tiktok yang kontennya lebih universal walaupun tak jarang didominasi oleh konten pengguna lokal. Contohnya ketika kamu menggunakan Tiktok Indonesia maka kamu akan menemukan banyak konten dari penggunaa Indonesia di FYP.

Setidaknya perbedaan konten ini akan mempengaruhi penggunaan aplikasi Douyin. Karena kalau kamu orang Indonesia dan menggunakan aplikasi ini, maka kamu tidak akan mendapatkan terjemahan sehingga kamu akan merasa kesulitan untuk mengerti tentang apa sebenarnya video yang sedang dimainkan.

Perlu kamu ketahui bahwa meskipun Douyin dan Tiktok merupakan aplikasi yang sangat mirip dan seperti diganti bahasa saja, namun pada kenyataannya kedua aplikasi ini tidak berjalan di server yang sama.

ByteDance selaku developer dari kedua aplikasi ini meletakkan kedua aplikasinya ini di server yang berbeda. Tentunya ini memiliki banyak tujuan agar pengguna di Tiongkok tidak terlalu tercampur kontennya dengan pengguna lain di luar negara mereka.

Jadi, di Tiongkok kamu tidak akan bisa menemukan aplikasi Tiktok dan hanya ada Douyin apk karena hanya ini aplikasi yang tersedia di sana.

Biasanya di Tiktok kamu bisa menemukan kolom komentar yang dikelompokkan berdasarkan penggunanya. Di Indonesia, maka kamu bisa melihat sebuah video yang FYP dimana komentar teratas akan dipenuhi dengan komentar orang Indonesia.

Ini adalah teknologi pintar milik Tiktok yang bisa mengelompokkan komentar berdasarkan negara pengguna agar mereka bisa nyaman saling berkomunikasi dengan bahasa yang sama.

Namun kalau kamu memutuskan untuk menggunakan Douyin, maka akan ada perbedaan yang sangat mencolok di sini. Karena pengguna mayoritas Douyin adalah orang Tiongkok dan sangat sulit ditemukan ada pengguna lain.

Karena kembali lagi, pada dasarnya Douyin hanya dirilis untuk wilayah Tiongkok. Jadi tak heran kalau pennggunanya hampir 90% adalah orang lokal sana.

Kelebihan dan Kekurangan Douyin Apk

Kelebihan-dan-Kekurangan-Douyin-Apk

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini, berikut kelebihan dan kekurangan dari Douyin yang bisa kamu pertimbangkan :

Kelebihan

Konten yang Lebih Fresh

Karena aplikasi ini hanya rilis ekslusif di Tiongkok, maka kamu bisa menikmati konten yang lebih fresh daripada Tiktok yang kontennya lebih acak. Douyin bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu bosan dengan tren yang ada di Tiktok.

Dengan menggunakan Douyin, kamu bisa mengetahui tentang apa yang sedang ramai di Tiongkok dan sekaligus menambah wawasan.

Filter Lebih Bervariasi

Filter di Tiktok memang sudah banyak, tapi kalau kamu ingin mencoba Tiktok yang lebih bervariasi, maka kamu bisa menemukannya di Douyin. Berbeda dengan Tiktok, kamu akan menemukan banyak filter yang baru di aplikasi ini.

Filter tersebut merupakan buatan kreator dari negara dimana aplikasi ini dirilis. Kamu bisa menggunakannya untuk kepentingan editing videomu sehingga video yang kamu hasilkan akan tampak unik karena filternya susah didapatkan di aplikasi lain.

Kreator yang Berbeda

Di Douyin apk,  kamu akan menemukan karya para kreator yang sama sekali berbeda dari aplikasi yang selama ini kamu pakai, yakni Tiktok. Kelebihan ini cocok buat kamu yang mungkin sudah bosan dengan drama – drama yang sering ada di Tiktok.

Kamu bisa menjadikan aplikasi Douyin ini sebagai pelarian media sosial dari penatnya media sosial di server Indonesia.

Kekurangan

Bahasa

Kekurangan Douyin yang pertama tentu saja dari segi bahasa. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bahasa default yang digunakan oleh Douyin adalah Bahasa Mandarin.

Ini tentu akan menyulitkan kamu terutama kalau kamu tidak punya skill Bahasa Mandarin sama sekali sebelumnya.

Lambat

Douyin bisa dibilang lebih lambat jika dibandingkan dengan Tiktok kalau kamu menggunakannya di Indonesia. Ini ada kaitannya dengan server yang digunakan oleh aplikasi ini.

Douyin menggunakan server lokal Tiongkok yang tentunya berlokasi sangat jauh dari Indonesia. Ini mempengaruhi latency yang kamu terima sehingga membuat aplikasi berjalan lebih lambat dari biasanya.

Susah Berkomunikasi dengan Pengguna Lain

Sekali lagi di sini kami asumsikan kamu masih belum punya skill Bahasa Mandarin yang baik. Dengan demikian, kamu akan kesulitan ketika ingin berkomunikasi dengan pengguna lain di Douyin.

Seperti ketika ingin berkomentar, mengirimkan pesan, dan lain sebagainya. Tentu saja kasusnya akan berbeda jika kamu sudah menguasai bahasa mereka.

Download dan Install Douyin Apk

Download-dan-Install-Douyin-Apk

Nama aplikasi Douyin Apk
Negara Tiongkok
Pengembang ByteDance
Link download Klik Disini

 

Instalasi aplikasi ini sama seperti aplikasi dari luar Play Store yang lain dimana kamu harus mengatur pengaturan keamanan dari smartphone-mu terlebih dahulu. Berikut ini cara selengkapnya :

  • Masuk ke pengaturan smartphone
  • Cari pengaturan Privasi dan Keamanan
  • Lalu cari pengaturan instalasi aplikasi
  • Cari dan aktifkan “Izinkan instalasi dari sumber tak dikenal”
  • Setelah itu keluar dari pengaturan dan install aplikasi Douyin.

Douyin yang merupakan alternatif dari aplikasi Tiktok adalah alternatif yang bagus ketika kamu sudah mulai bosan dengan Tiktok. Selain itu, kelebihan yang dimiliki aplikasi ini juga patut dipertimbangkan agar kamu semakin yakin dengan Douyin.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.