Jenis-Jenis Laptop Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Serba definisi kali ini akan mengupas wacana jenis-jenis laptop yang mungkin anda belum pahami.

Saat ini kebutuhakan akan laptop bukanlah menjadi permasalahan pola hidup trendi, tetapi lebih kepada kebutuhan atau tunjangan dalam melaksanakan sesuatu. Dengan didukung harga yang relatif lebih terjangkau, menjadikan laptop ketika ini bukanlah barang glamor.

Dari berbagai jenis atau model laptop yang beredar, kita harus mengenali dengan baik jenis laptop apa yang sebaiknya kita miliki. Sehingga spesifikasi laptop yang kita butuhkan sudah menyanggupi keinginan kita.

1. Netbook

Ukuran layar pada Netbook rata-rata pada ukuran 10-12 inch dan umumnya processor yang digunakan yakni Intel Atom. Karena ukurannya yang relatif kecil, pastinya memiliki berat yang lebih ringan. Ciri khas yang lain dari Netbook yaitu tidak mempunyai DVD Rom/ Optical Drive.

Penggunaan Netbook lebih ditujukan terhadap pengguna yang memerlukan aplikasi yang persyaratan mirip melakukan Office dan Browsing. Netbook tidak cocok untuk menjalankan aplikasi yang berat mirip Corel Draw, Photosop dll.

2. Notebook

Notebook yaitu ungkapan yang sering kita tujukan terhadap Laptop secara umum yang lazimnya mempunyai ukuran layar mulai dari 14-19 inch. Penggunaan notebook bergantung kepada keperluan user. Berdasarkan spesifikasi notebook yang menjadi kebutuhan user, maka notebook dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yakni :

  • Standard Performance
    Tipe Notebook yang tergolong dalam standard performance sangat sesuai bagi kita yang memerlukan aplikasi  seperti mengetik, browsing, aplikasi editing image, dsb. Sepintas beberapa kebutuhannya dapat dikerjakan oleh Netbook. Namun pada netbook, respon time atas suatu proses sedikit lebih berat. Terlebih kalau kita melaksanakan multitasking, sebab pemberian processor yang kurang memadai.

    Dengan demikian. Laptop ini sangat sesui bagi para pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan software standard dan membutuhkan tanggapantime yang cepat dari multitasking. Pada kategori notebokk ini, alasannya adalah mempunyai grafis yang persyaratan, maka kita dapat memainkan beberapa game yang tidak  membutuhkan spesifikasi grafis tinggi.

  • High Performance
    Kategori notebook atau laptop high performance ditujukan untuk anda yang kurang puas kinerja dari laptop standard performance. Pada kategori ini anda akan merasakan proses memainkan game 3D yang lebih smooth, kesanggupan multitasking yang lebih anggun, develop program android dengan android studio menjadi lebih ringan dll.

    Pada laptop ini pastinya dilengkapi hardware dengan spesifikasi yang tinggi, biasanya memakai processor i7 Extreme atau i5.  Pada laptop kategori ini juga disokong  dengan ukuran memori yang besar, lazimnya 1 TB dan 2 TB.  Spesifikasi RAMnya pun besar mampu hingga 4 GB – 8 GB. Optical drivenya adalah bluray dan bukan CD-DVD. Kartu VGA yang memiliki spesifikasi tinggi dan bisa mengerjakan game berat.

    Tentunya spesifikasi yang tinggi akan sepadan dengan pengeluaran yang besar juga. Kaprikornus jikalau kebutuhan kita standar, sungguh mencampakkan-buang uang jika berbelanja notebook tipe high performance cuma untuk browsing dan mengetik.

3. Ultrabook

Satu hal yang paling menonjol dari Ultrabook yaitu ialah ukurannya yang sangat tipis, sehingga sangat ringan dibawa kemana-mana. Walaupun ukurannya tipis, namun ultrabook memiliki teknologi yang mutakhir, mempunyai kapasitas baterai yang mampu bertahan 4-5 jam. Disamping itu kemampuan read dan write-nya pun lebih cepat dari laptop biasa, karena pada ultrabook memakai SSD (Solid State Driver). Fungsi utama dari SSD ini yakni kesanggupan transfer datanya lebih singkat dan juga tahan kepada guncangan.

Ultrabook ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai mobilitas yang tinggi, khususnya bagi karyawan mirip sales yang selalu harus berjumpa clientnya.

4. Notebook touchscreen

Sekilas Notebook touchscree ini seperti dengan tablet dari suatu vendor HP. Walaupun demikian utilitas pada Notebook touchscreen lebih elok performancenya dan lebih lengkap fungsinya.

Notebook ini dilengkapi layar sentuh sebagai salah satu alternatif untuk melakukan sebuah operasi. Untuk pekerjaan yang lebih rumit yang membutuhkan keyboard, tersedi keyboard virtual. Walaupun demikian, jikalau anda merasa kurang tenteram dengan keyboard virtual, notebook touchscreen tetap dilengkapi dengan mouse dan keyboard secara fisik. Makara kita dapat mempergunakan pilihan mana yang lebih tenteram bagi kita.

Umumnya Notebook touchscree ini sudah dibarengi dengan Sistem Operasi Windows 8.1, alasannya beberapa fitur-fitur yang disediakan oleh Windows 8.1 memang dirancang untuk touchscreen.

5. Notebook Hybrid

Notebook Hybrid ini mempunyai rancangan yang menarik, dimana kita dapat melepaskan (mencopot) bab layarnya sebingga berfungsi layaknya  mirip tablet. Namun ada juga yang tidak dapat dicopot, namun mampu ditekuk 360 derajat sehingga menyerupai tablet juga.