Kampung Lali Gadget di Sidoarjo Jawa Timur, Desa Wisata Edukasi Keluarga dengan Kearifan Lokal


Suara.com – Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards atau SATU Indonesia Awards adalah bentuk apresiasi dari PT Astra International Tbk untuk generasi muda dalam upaya memajukan bangsa, mencakup lima bidang antara lain adalah bidang teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup.

Sementara Astra sendiri adalah perusahaan nasional yang bergerak di tujuh bidang usaha, antara lain bidang otomotif, asuransi, dan pembiayaan.

Tahun ini, digelar 13th SATU Indonesia Awards 2022, dan salah satu contoh inspirasional dari peraih penghargaan 12th SATU Indonesia Awards 2021 untuk Bidang Pendidikan adalah Achmad Irfandi.

Achmad Irfandi, penerima 12th SATU Indonesia Awards 2021 adalah pemuda yang menginisiasi sebuah kampung di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menjadi Kampung Lali Gadget [Astra International Tbk].
Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Bidang Pendidikan Achmad Irfandi menunjukan salah satu permainan tradisional dari Kampung Lali Gadget di acara Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022 [PT Astra International Tbk].

Dipetik dari rilis resmi Astra International Tbk sebagaimana diterimaSuara.com, Achmad Irfandi adalah pemuda yang menginisiasi sebuah kampung di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menjadi Kampung Lali Gadget.

Baca Juga:
Mudik Lebaran 2022 Semakin Peace of Mind, Asuransi Astra Sediakan 60 Unit Garda Siaga

Selaras namanya, melalui kampung yang diciptakan bersama rekan-rekannya itu, Achmad Irfandi membantu generasi muda setempat melawan kecanduan gadget dengan cara mengenalkan permainan tradisional.

“Mendirikan Kampung Lali Gadget sebagai daya tawar anak-anak untuk mengimbangi kecanduan atau dominasi gadget sehingga anak-anak lebih punya pilihan untuk bermain permainan tradisional yang lebih mendidik karakter anak-anak daripada bermain game online,” paparnya.

Kisah Achmad Irfandi dalam mendirikan Kampung Lali Gadget ini diungkapkan dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022 “Pendidikan Nyawa Masa Depan Bangsa” pekan lalu, yang dihadiri Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Prof. Fasli Jalal, salah satu juri SATU Indonesia Awards, juga Zeezee Shahab, pekerja seni, dan dipandu Sheryl Sheinafia.

Dalam webinar itu, Prof. Fasli Jalal dan Zeezee Shahab menyatakan harapannya tentang peranan generasi muda Indonesia dalam bidang pendidikan.

Kampung Lali Gadget (KLG) berdiri 1 April 2018, digerakkan Achmad Irfandi berdasarkan kekhawatirannya terhadap bahaya kecanduan gadget yang dialami anak-anak.

Baca Juga:
Mulai Tol Tangerang – Merak Hingga Pandaan – Malang, ASTRA Infra Layani Pengguna Jalan Lewat ASL 2022

Fokus kegiatan ini mengadakan program konservasi budaya untuk mengangkat permainan tradisional yang ternyata cukup efektif untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari gawai.

Kick-off 13th SATU Indonesia Awards 2022 yang menghadirkan juri dari berbagai disiplin ilmu dan latar belakang  [screen shot Astra Group SATU Indonesia]
Kick-off 13th SATU Indonesia Awards 2022 yang menghadirkan juri dari berbagai disiplin ilmu dan latar belakang [screen shot Astra Group SATU Indonesia]

Kampung Lali Gadget merekrut kawan-kawan pemuda di Desa Pagerngumbuk dan pemuda di Sidoarjo. Pemberdayaan pemuda dan masyarakat dilakukan di dalam dan di luar desa. Pemuda yang diberdayakan bertugas sebagai perencana, fasilitator edukasi, dan pendamping.

Aktivitas yang digelar di program ini mengajarkan edukasi budaya, kearifan lokal, olah raga, edukasi satwa, serta permainan tradisional.

Selain mengurangi kecanduan gawai, program ini juga membantu mengedukasi anak-anak tentang budaya dan kearifan lokal. Achmad Irfandi berharap program ini bisa berkembang dan menjadi desa wisata atau desa jujugan orang tua yang ingin berwisata edukasi dan menyembuhkan kecanduan gawai pada anaknya.

Tahun ini Astra menggelar 13th SATU Indonesia Awards 2022. Penerima apresiasi tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan kegiatan sebesar Rp 65 juta serta pembinaan kegiatan. Selain itu, Astra juga memberikan apresiasi di tingkat provinsi.

Pegiat seni Dian Sastro tampil sebagai juri 13th SATU Indonesia Awards 2022 [screen shot Astra Group SATU Indonesia]
Pegiat seni Dian Sastro tampil sebagai juri 13th SATU Indonesia Awards 2022 [screen shot Astra Group SATU Indonesia]

Adapun jajaran dewan juri 13th SATU Indonesia Awards 2022 adalah sebagai berikut:

  • Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  • Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)
  • Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
  • Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)
  • Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi)
  • Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)
  • Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)
  • Billy Boen (Founder Young On Top)
  • Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)
    Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra).

Informasi lengkap serta pendaftaran dapat dilihat di www.satu-indonesia.com. Pendaftaran peserta dibuka hingga 9 Agustus 2022.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.