Mekanisme Indera Pendengaran Manusia Dan Binatang

 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan
Hai Sobat elpedia, yuk kita berguru Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan. Belajar interaktif membuat kita aktif dan gampang memahami bahan.

1. Mekanisme Pendengaran Manusia

Tahukah kau bagaimana proses mendengar? yuk kita pelajari proses telinga pada manusia berikut!
Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan indera pendengaran dalam. Perhatikan Gambar berikut!
 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan
Bunyi yang terdengar oleh indera pendengaran kita memerlukan medium. Jadi, mungkinkah kita mampu mendengar di ruang hampa udara?

Tentu saja tidak. Bunyi membutuhkan medium untuk merambat.

Apakah di pendengaran terdapat medium untuk merambatkan bunyi?

Iya. Telinga luar dan pendengaran tengah terisi oleh udara dan rongga pendengaran dalam terisi oleh cairan limfa.

Bagian-bagian penyusun indera pendengaran dan fungsinya mampu dilihat pada Tabel berikut!
Struktur dan Fungsi Bagian pada Telinga

Penyusun Telinga Fungsi
Bagian Luar
a. Daun pendengaran Mengumpulkan gelombang suara ke terusan pendengaran
b. Saluran indera pendengaran (menciptakan minyak serumen) Menangkap abu yang masuk ke terusan pendengaran Mencegah hewan berskala kecil masuk ke dalam telinga
Bagian Tengah
a. Gendang indera pendengaran/membran timpani Menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran yang diteruskan ke tulang telinga
b. Tulang indera pendengaran (maleus/ martil, inkus/landasan, stapes/sanggurdi) Meneruskan getaran dari gendang indera pendengaran ke tempat tinggal siput
Bagian Dalam
a. Saluran eustachius Menghubungkan ruang indera pendengaran tengah dengan rongga mulut (faring) berfungsi untuk menjaga tekanan udara antara indera pendengaran tengah dengan terusan di indera pendengaran luar semoga sepadan. Tekanan udara yang terlalu tinggi atau rendah disalurkan ke pendengaran luar dan akan menjadikan gendang indera pendengaran depresi besar lengan berkuasa sehingga mampu sobek.
b. Rumah siput (koklea) Koklea merupakan kanal berbentuk spiral yang menyerupai rumah siput. Di dalam koklea terdapat adanya organ korti yang ialah fonoreseptor. Organ korti berisi ribuan sel rambut yang peka kepada tekanan getaran. Getaran akan diubah menjadi impuls saraf di dalam sel rambut tersebut dan lalu diteruskan oleh saraf ke otak.
c. Saluran gelang (labirin) Terdiri atas terusan setengah bundar (semisirkularis) yang berfungsi untuk mengetahui posisi badan (alat keseimbangan).

Proses mendengar pada insan melalui beberapa tahap. Perhatikan pada Gambar berikut!

 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan
Tahap tersebut diawali dari lubang indera pendengaran yang mendapatkan gelombang dari sumber suara. Gelombang bunyi yang masuk ke dalam lubang telinga akan menggetarkan gendang telinga (yang disebut membran timpani). Getaran membran timpani ditransmisikan melintasi telinga tengah melalui tiga tulang kecil, yang terdiri atas tulang martil, landasan, dan sanggurdi. Telinga tengah dihubungkan ke faring oleh tabung eustachius. Getaran dari tulang sanggurdi ditransmisikan ke indera pendengaran dalam melalui membran jendela oval ke koklea. Koklea merupakan sebuah tabung yang bergulung seperti rumah siput. Koklea berisi cairan limfa.

Getaran dari jendela oval ditransmisikan ke dalam cairan limfa dalam ruangan koklea. Di bagian dalam ruangan koklea terdapat organ korti. Organ korti berisi cairan sel-sel rambut yang sungguh peka. Inilah reseptor getaran yang bantu-membantu. Sel-sel rambut ini akan bergerak saat ada getaran di dalam koklea, sehingga menstimulasi getaran yang diteruskan oleh saraf auditori ke otak.

2. Pendengaran pada Hewan

Pernahkah kamu menyaksikan anjing menggerakkan telinganya?

Anjing sering menggerakkan telinga ketika melaksanakan pelacakan atau berburu. Beberapa mamalia akan menggunakan daun telinga untuk memfokuskan bunyi yang diterimanya. Sistem ini disebut metode sonar adalah metode yang digunakan untuk mendeteksi tempat dalam melakukan pergerakan dengan deteksi suara frekuensi tinggi (ultrasonik).

Sonar atau Sound Navigation and Ranging ialah sebuah sistem penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksir ukuran, bentuk, letak, dan kedalaman benda-benda, seperti pada Gambar berikut!

 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan

a.Kelelawar

Tahukah kau kelelawar?

Kelelawar dapat mengeluarkan dan mendapatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi di atas 20.000 Hz pada ketika ia terbang. Gelombang yang dikeluarkan akan dipantulkan kembali oleh objek yang hendak dilewatinya dan diterima oleh receiver (alat penerima) yang berada di tubuh kelelawar. Kemampuan kelelawar untuk memilih lokasi ini disebut dengan ekolokasi.

Pada dikala melayang dan berburu, kelelawar akan mengeluarkan suara yang frekuensinya tinggi, kemudian menyimak gema yang dihasilkan. Pada saat kelelawar menyimak gema, kelelawar hanya akan terkonsentrasi pada bunyi yang dipancarkannya sendiri. Rentang frekuensi yang bisa didengar oleh makhluk ini terbatas, sehingga kelelawar mesti bisa menyingkir dari imbas Doppler yang timbul.
 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan
Menurut efek Doppler, kalau sumber suara dan penerima bunyi keduanya tak bergerak, maka akseptor akan mendengar frekuensi bunyi yang serupa dengan yang dipancarkan oleh sumber suara. Akan namun, bila salah satu dari sumber suara atau akseptor suara tersebut bergerak, frekuensi yang diterima akan berlainan dengan yang dipancarkan. Pada kondisi tersebut frekuensi bunyi yang dipantulkan mampu jatuh ke kawasan frekuensi yang tidak mampu didengar oleh kelelawar.

Agardapatmenghindariefek Doppler,kelelawarakanmenyesuaikan besar frekuensi suara yang dipancarkannya. Misalnya, kelelawar akan mengantarkan suara berfrekuensi tinggi untuk mendeteksi lalat yang bergerak menjauh, sehingga pantulannya tidak hilang.

b.Lumba-Lumba

Pernahkah kau menyaksikan lumba-lumba? Di mana kau pernah menyaksikan lumba-lumba?

Habitat asal lumba-lumba ialah di lautan. Lumba- lumba dapat dilihat di permukaan air, namun sebagian besar waktu mereka di kedalaman lautan yang cukup gelap. Sekalipun hidup di kedalaman lautan, lumba-lumba memiliki tata cara yang memungkinkan untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan, ialah sistem sonar. Sama mirip pada kelelawar, sistem ini berkhasiat untuk mengindrai benda-benda di lautan, mencari makan, dan berkomunikasi.
 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan
Bagaimana cara kerja tata cara sonar pada lumba-lumba? Lumba- lumba bernapas lewat lubang yang ada di atas kepalanya. Di bawah lubang ini, terdapat kantung-kantung kecil berisi udara. Agar mampu menciptakan suara berfrekuensi tinggi, lumba-lumba mengalirkan udara pada kantung-kantung ini. Selain itu, kantung udara ini juga berperan selaku alat pemfokus suara. Kemudian, suara ini dipancarkan ke segala arah secara terputus-putus.

Gelombang suara lumba-lumba akan dipantulkan kembali jikalau membentur sebuah benda. Pantulan gelombang suara tersebut ditangkap di bab rahang bawahnya yang disebut “jendela akustik”. Dari bab tersebut, berita bunyi diteruskan ke indera pendengaran bagian tengah, dan alhasil ke otak untuk diterjemahkan. Dengan cara tersebut, lumba- lumba mengenali lokasi, ukuran, dan pergerakan mangsanya. Lumba- lumba juga bisa saling berkirim pesan walaupun terpisahkan oleh jarak lebih dari 220 km. Lumba-lumba berkomunikasi untuk mendapatkan pasangan dan saling mengingatkan akan bahaya.
 yuk kita belajar Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan

Selesai mempelajari Materi, Sobat elpedia mampu mainkan KUISNYA


Jika berkenan, silahkan beri ulasan di kolom komentar. Terima Kasih.

Install Aplikasinya di Android Rumah Belajar.APK
Jika Sobat ingin membagikannya ke teman-sobat, Silahkan KLIK TOMBOL BERBAGI DI BAWAH INI!