Memahami Pengertian Astronot Dan Kosmonot

kali ini akan membahas tentang perumpamaan Astronot dan Kosmonot, apakah kedua kata tersebut mempunyai makna yang sama atau ada perbedaan antara Astronot dan Kosmonot.

Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membicarakan tentang istilah perbedaan antara pesawat ruang angkasa dan pesawat ulang alik. Maka pembahasan kali ini kita akan membahas orang yang terlibat dalam melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ruang angkasa yang umum disebut dengan Astronot.

Sebagian dari kita ada juga yang mendengar kata Kosmonot, tentu saja kita mengajukan pertanyaan dimana letak perbedaannya.

Apa itu Astronot ?

Astronot  merupakan kata serapan yang mengacu terhadap kata yang dalam bahasa inggris ditulis dengan “Astronout“.  Dalam bahasa indonesia kita mengenal ungkapan lain yakni : antariksawan.

Pengertian Astronout itu sendiri yaitu orang yang berpengalaman untuk menjadi pilot pesawat ruang angkasa, melaksanakan perjalanan di pesawat ruang angkasa atau melakukan pekerjaan di ruang angkasa. Istilah ini pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1929, mungkin dalam fiksi ilmiah.Istilah Astronot mulai populer dikala baru dibentuk National Aeronautics and Space Administration (NASA) .

Namun ada sumber yang menyebutkan penggunaan kata Astronout sudah digunakan pada tahun 1880 sebagai nama sebuah pesawat ruang angkasa dalam sebuah kisah fiksi yang ditulis oleh penulis Inggris yang berjulukan Percy Greg (1836-1889) dengan judul “Across the Zodiac.”

Secara etimologi (asal usul kata) berdasarkan etymonline, kata Astronout terdiri dari kata “Astro” yang memiliki arti “Bintang” dan “Nautes” yang mempunyai arti “Penjelajah”.

Istilah Astronot ini lebih kepada antariksawan yang dilatih oleh NASA.

Apa itu Kosmonot

Kita niscaya pernah mendengar nama Yuri Gagarin yang merupakan orang pertama yang meluncur ke ruang angkasa. Yuri Gagarin ini berasal dari Rusia. Di negara Rusia,  tidak menggunakan ungkapan Astronot, namun menggunakan ungkapan Kosmonot untuk orang yang menjadi bagian dalam penerbangan luar angkasa.

Kosmonot ialah kata serapan untuk menyatakan kata cosmonaut  (Inggris). Kata cosmonaut jikalau ditulis dalam bahasa Rusia adalah “kosmonavt“.

Secara etimologi (asal usul kata), perumpamaan Kosmonot (Kosmonaut) berasal dari kata “Kosmo” yang memiliki arti “Alam Semesta” dan “Nautes” yang memiliki makna “Penjelajah”.

Jika di Amerika Serikat badan antariksanya kita sebut dengan NASA, di Rusia lebih diketahui dengan nama Roscosmos. Istilah lain untuk menyebut tubuh antariksa Rusia yaitu FKA atau RKA yang merupakan acuan untuk menyatakan Russian Federal Space Agency.

Kaprikornus isitlah Kosmonot ini lebih mengacu kepada antariksawan yang dilatih oleh Roscosmos.

Kesimpulan

Secara fungsi ungkapan kata Astronot dan Kosmonot tidak memiliki perbedaan, sama-sama merupakan orang yang dilatih untuk melaksanakan perjalanan ke ruang angkasa.

Istilah penyebutan antariksawan tiap-tiap negara juga berlawanan-beda, mirip :

  • Taikonaout, perumpamaan antariksawan di negera China
  • Spationaout, perumpamaan antariksawan di negera Perancis
  • Vyomanaut,  perumpamaan antariksawan di negera India
  • Angkasawan, perumpamaan antariksawan di negera Malasyia