Memahami Perbedaan Silia Dan Flagela

kali ini dalam pembelajaran bidang Biologi akan membahas ihwal perbedaan Silia dan Flagela.

Cilia dan flagella merupakan tonjolan dari beberapa sel yang menolong pergerakan sel. Mereka juga menolong memindahkan zat di sekeliling sel dan mengarahkan anutan zat ke sepanjang susukan.

Cilia dan flagella terbentuk dari pengelompokan mikrotubulus khusus yang disebut tubuh basal. Jika tonjolannya pendek dan banyak yang disebut silia. Jika mereka lebih panjang dan kurang banyak (umumnya hanya satu atau dua) mereka disebut flagella.

Untuk itu sebelum kita mengetahui perbedaan Silia dan Flagela, terlebih dahulu kita akan mengenali apa yang disebut dengan Silia dan apa yang disebut dengan Flagella.

Apa itu Silia

Kata Silia yang sering kita sebut, dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan Cilia. Kata cilia ini ialah jamak dari cilium dan menurut dictionary.com kata cilium ini berasal dari bahasa latin yang memiliki makna “bulu mata”.

Silia yakni organel sel yang mempunyai diameternya sekitar 0,25 μm dan mempunyai panjang sekitar 2 sampai 20 μm dan umumnya silia muncul dalam jumlah banyak pada permukaan sel.

Dinding dari silia  berisikan 9 dublet mikrotubula yang mana dublet tersebut tersusun melingkar dan radier terhadap dua buah singlet mikrotubula, oleh alasannya adalah itu susunan ini dinyatakan memiliki susunan mikrotubula 9+2 (9 dublet dan 2 singlet). Setiap dublet saling bekerjasama dengan perantaraan protein penghubung yang disebut neksin. Pada bagian bebas dari subdublet terdapat sepasang molekul protein yang disebut Dinein.

Contoh kegunaan silia  :

  • Siput memakai silia menggerakan masakan lewat sistem pencernaan
  • Kerang memakai silia untuk memuat makanan dan oksigen

Jenis-jenis silia

Silia dapat dibagi menjadi dua klasifikasi, yaitu:

  • Silia motil
    Silia motil mampu didapatkan di saluran pernapasan, indera pendengaran tengah, dan sistem badan lainnya. Beberapa sililia akan berhembus dalam gerakan berirama atau berdenyut, dan menggunakan gerakan itu untuk menjaga lobang internal sensitif dari partikel lendir atau ajaib, contohnya. Sel badan yang memiliki satu cilium yang bergerak adalah sel sperma, yang menggunakan cilium tersebut untuk mendorong sel.
  • Silia non-motil
    Silia non-motil memainkan peran penting dalam banyak organ yang berlawanan. Silia non-motile melakukan pekerjaan seperti mirip antena yang mendapatkan informasi sensorik untuk sel, memproses sinyal dari sel lain atau cairan yang mengelilinginya. Misalnya, silia di ginjal terpaksa ditekuk saat arus urin mengalir, yang mengirimkan sinyal ke sel yang mengalir. Silia non-motil di dalam mata ditempatkan di fotoreseptor retina, memungkinkan molekul penting untuk diangkut dari satu ujung ke ujung yang lain.

Apa itu Flagela

Kata Flagela yang sering kita sebut dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan Flagella. Kata flagella ini merupakan jamak dari flagellum yang mempunyai makna “cambuk”.

Flagela ialah struktur mirip cambuk yang memungkinkan sel bergerak.Flagela didapatkan dalam domain : bakteri, archaea, dan eukaryota, yang juga dikenal selaku protista, tumbuhan, binatang, dan jamur. Walaupun ketiga jenis flagela tersebut digunakan untuk penggerak,  namun ketiga jenis flagela tersebut mempunyai struktur yang berlawanan.

Cilia seperti dengan flagela dalam struktur dan fungsinya, namun cilia lebih pendek dan bergerak secara berlawanan. Sel bersilia umumnya memiliki ratusan atau ribuan silia, yang bergerak serempak seperti dayung kecil. Terkadang sel juga akan memakai silia untuk menyalurkan masakan ke dalam alur ekspresi. Berbagai jenis paramecium menggunakan silia untuk kedua tujuan.

Perbedaan Silia dan Flagela

Perbedaan antara Flagela dan Silia

  • Dari segi kepadatan, silia mempunyai ratusan per sel sedangkan flagela kurang dari 10 per sel.
  • Flagela memililiki ukuran yang lebih panjang dari silia (berskala pendek).
  • Cilia hadir dalam organisme multisel dan membantu memindahkan cairan melewati sel yang tidak bergerak sementara flagella khususnya ditemukan pada gamet.
  • Silia bergerak mirip memukul dikala berenang sedangkan flagella bergerak dengan gaya seperti dayung.
  • Silia menghantam dalam irama terkoordinasi, flagella menghantam dengan cara independen
  • Silia menemukan energi dari molekul yang disebut Kinesin, sementara flagella memperoleh energi dari membran plasma.
  • Silia ditemukan dalam sel eukariotik sedangkan flagela ditemukan pada sel eukariotik dan prokariotik
  • Silia terdapat pada seluruh permukaan sel sementara flagela hanya terdapat pada ujung sel.

Referensi


1. http://www.diffen.com/difference/Cilia_vs_Flagella
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Silia
3. http://www.softschools.com/science/biology/the_function_of_cilia/