Mengerti Apa Itu Deep Web ?

Serba definisi kali ini akan membahas tentang apa itu deep web dan bagaimana cara mengakses deep web ?.

Saat ini kita sering mengandalkan internet untuk meengakses info tertentu. Hal ini dimungkinkan dengan kehadiranya miliaran domain  web yang menghidangkan informasi yang kita butuhkan. Terlebih dengan kehadiran search engine mirip Google, Bing, Yahoo, Baidu dan Yandex, yang mempercepat proses penelusuran isu yang kita perlukan.

Bisa dibilang dunia web itu seperti planet bumi, kita mampu berpergian dari satu domain ke domain lain untuk mencari gosip. Namun tidak semua domain yang mungkin kita kerjakan kunjungan, bahkan beberapa diantaranya sungguh beresiko alias tidak kondusif.

Sebagian dari kita mungkin masih abnormal dengan isitlah apa itu deep web ?. Sekilas deep web ada yang menduga sebuah nama domain web. Untuk itu serba definisi akan menguraikannya perihal apa yang dimaksud dengan deep web ?.

Apa itu Deep Web ?

Deep Web adalah bagian dari konten web atau domain web yang tidak terindex oleh mesin telusur seperti Google dan Bing. Dan untuk membukanya tidak gampang dengan menggunakan browser biasa.

Walaupun tidak terindex oleh search engine, namun Deep Web terbuka dan mampu diakses oleh publik, maka untuk membukanya kita mesti mengetikkan eksklusif urlnya pada suatu browser khusus.

Rata-rata web yang berada pada klasifikasi Deep Web telah menyembunyikan identitasnya. Walaupun kita dapat mengaksesnya, tetapi sangat  tidak mungkin mengetahui siapa admin web tersebut. Mereka memakai Tor encryption tool dalam hal menyembunyikan identitas dan memanipulasi lokasi yang sesungguhnya.

Web-web yang umum kita terusan seperti blogspot.com, facebook.com bahkan bing.com dan google.com disebut dengan surface web. Kaprikornus web tersebut dianggap kategori dibagian permukaan WWW (World Wide Web). Sedangkan web yang klasifikasi Deep Web memiliki kuantitas lebih banyak berdasarkan hasil observasi dari University of California, Berkeley pada tahun 2001.

Apa isi dari Deep Web ?

Jika web yang dibuat tak ingin diindex oleh search engine dan berusaha untuk menyembunyikan identitas dan memanipulasi lokasi, hampir bisa ditentukan bahwa konten web tersebut mengandung sesuatu yang dilarang  oleh aturan pada umumnya negara atau bertentantangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Nah dalam Deep Web, kita akan dengan mudah mendapatkan konten internet mirip : jual beli narkoba, pornografi ilegal dan hal-hal lainnya yang bersifat ilegal. Intinya dalam Deep Web, semua tanpa sensor dan tanpa ada filter sama sekali.

Jika kita mengunjungi web pada kategori Deep Web, maka resiko terinfeksi virus juga sangat tinggi. Karena di Deep Web sangat  banyak beredar virus-virus yang berbahaya dan mematikan.

Mengapa Deep Web tidak dapat Diindex ?

Seperti yang diutarakan diatas, web-web yang berada pada kategori Deep Web memang sengaja didesain oleh penciptanya semoga tidak mampu diindex oleh search engine seperti Google, Bing, Yandex, Baidu, Yahoo dan beberapa search engine lainnya. Ada beberapa hal yang mendasari kenapa tidak terindex, adalah :

  • Pembuat web sengaja menyisipi script atau code berbahaya, sehingga beberapa search engine tidak akan mengcrawl domain web tersebut.
  • Pembuat web sengaja memasng script supaya bot-bot dari search engine tidak dapat mengaksesnya.
  • Pembuat web telah mengenkrip file-file webnya supaya tidak dapat dikases oleh search engine.