Mungkin, salah satu nasehat terbaik yang kumiliki dan bisa kuberi adalah jangan …

Mungkin, salah satu nasehat terbaik yang kumiliki dan bisa kuberi adalah jangan pernah terlalu peduli pada seseorang yang belum selesai dengan dirinya sendiri.

Maksudku, tolong jangan mengorbankan perasaanmu terlalu jauh untuk seseorang yang memang tak ingin diselamatkan dari keruh. Jangan datangi seseorang yang memang tidak meminta pertolongan sekalipun kamu tahu, dia sangat berantakan. Sekalipun kamu melihat luka yang dia alami pernah kamu rasakan.

Mungkin, nasehat ini terdengar jahat. Mungkin dengan ini aku terlihat seperti mengajarimu untuk tidak berempati dan welas asih. Tapi sebenarnya, aku hanya ingin menjagamu dari rasa sakit yang tak perlu. Karena tidak semua orang sebaik kamu, setulus dirimu, bahkan tidak semua orang bisa lolos dari pengalaman yang sama dengan kesimpulan pendewasaan sejernih kamu.

Bisa jadi, mereka hanyalah manusia-manusia malang yang ingin perhatian. Ingin dibelai dengan belas kasihan. Tidak ingin keluar dari zona nyaman, tidak akan benar-benar memberimu sewajarnya penghargaan. Benar-benar hanya akan membuang-buang perasaan.

Terkadang memang lebih baik berteman dengan kesepian dan belajar kuat berdiri sendirian daripada dimanfaatkan, bukan?
Apapun yang terjadi, jangan pernah berusaha menjadi cahaya tapi membakar tubuhmu sendiri demi menerangi mereka. Kepahlawanan tidak sekonyol itu dan ketulusan, tidak seharusnya dipasrahkan ke tangan mereka yang hanya bisa menyia-nyiakan.

by: @apinjaanastasia
#poetry #photography #phosphenous

Source

READ more  Pertama, jangan pernah mencoba jatuh cinta dengan seseorang yang masih meninggal...

Tinggalkan komentar

crgroup1 crgroup2