Pemahaman Resonansi Serta Faedah Dan Kerugian Resonansi

Kali ini dalam rubrik serba definisi, kita akan membicarakan ihwal Resonansi.

Bagi kita yang lokasi rumah berada di bersahabat jalan raya, ketika ada mobil besar mirip truk
melalui di depan rumah maka kita akan menyaksikan beling jendela datang-tiba bergetar.

Contoh lainnya, bangunan rumah yang berada di dekat rel kereta api akan ikut bergetar ketika gerbong kereta api melintasinya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?. Untuk itu mari kita mengerti definisi dari Resonansi itu sendiri.

Pengertian Resonansi

Resonansi yaitu gejala ikut bergetarnya suatu benda karena getaran benda lain. Terjadinya resonansi jika benda sumber yang bergetar memiliki frekuensi sama  dengan sebuah benda dan berada dalam daerah rambatan getaran, maka benda tersebut akan ikut bergetar.

Untuk mengetahui lebih lanjut ihwal resonansi, amati Gambar dibawah ini :

Jika garpu tala “A” dipukul kemudian bergetar dan dibiarkan bergetar beberap dikala kemudian dipegang hingga berhenti bergetar, ternyata garpu tala “B” yang didekatnya terlihat masih bergetar. Hal ini disebabkan alasannya getaran yang dihasilkan oleh garpu tala “A” merambat di udara dan menggetarkan garpu tala “B”. Akan namun jika frekuensi kedua garpu tala tersebut tidak sama, maka garpu tala “B” tidak akan ikut bergetar. Jadi resonansi itu kondisi dimana getaran sebuah benda mempengaruhi benda lainnya.

Keuntungan Resonansi

  • Kita mampu mendengar bunyi alasannya adanya insiden resonansi pada indera pendengaran kita. Di dalam telinga terdapat selaput gendang pendengaran. Selaput ini sangat tipis dan mudah beresonansi dengan bunyi audiosonik.
  • Adanya ruang resonansi pada gitar, biola, saron, kolintang, dan kentongan dapat memperkeras bunyi alat-alat tersebut.
  • Bunyi merdu yang kita dengar dari alat musik akustik mirip seruling, biola, drum, dan gitar memanfaatkan resonansi . Gamelan yang ialah alat musik tradisional juga mempergunakan peristiwa resonansi.
  • Katak mampu mengeluarkan bunyi yang sungguh keras sebab resonansi yang terjadi pada rongga mulutnya. Mungkin beberapa dari kita pada ekspresi dominan hujan pernah melihat rongga lisan katak yang terlihat mengembang tiupan balon yang mirip selaput tipis. Pada selaput tipis inilah terjadi peristiwa resonansi.

Kerugian Resonansi

Perisiwa resonansi tidak selalu menenteng keuntungan, contohnya :
  • Getaran berpengaruh yang ditimbulkan oleh ledakan bom mampu meruntuhkan atau menciptakan retak dinding-dinding gedung-gedung.
  • Getaran yang terus-saluran ditimbulkan oleh kereta api kepada sebuah rumah yang berada akrab rel kereta api akan membuat rumah tersebut cepat rusak.
  • Jika getaran keras yang ditimbulkan oleh gempa bumi, maka akan mampu mengakibatkan bangungan seperti rumah atau gedung akan roboh.
  • Mesin pesawat supersonik dapat memecahkan beling jendela bangunan dan mampu memecahkan pendengaran kita.
  • Sekelompok serdadu biasanya berbaris maju dengan langkah teratur diperintahkan tidak berjalan dengan terorganisir ketika sedang melalui jembatan gantung. Hal ini dikerjakan untuk menghindari hentakan-hentakan kaki bersamaan yang dapat menghasilkan frekuensi yang serupa atau mendekati frekuensi alam jembatan. Jika frekuensi-frekuensi hentakan-hentakan kaki serempak sama dengan frekuensi alami jembatan, terjadi resonansi dan jembatan ikut berayun (bergoyang) dengan andal dan mampu runtuh.