Review Manhwaindo, Baca Komik Manga/Anime B. Indonesia!


Manga atau komik Jepang memang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Tapi manga bukan satu-satunya jenis komik yang saat ini sangat terkenal. Salah satu jenis komik lain yang semakin populer dan disukai oleh anak muda adalah manhwa. Kamu bisa membacanya di situs Manhwaindo.

Manhwa sendiri sebenarnya juga merupakan komik yang bagus dan menarik, hanya saja berasal dari negara lain, yaitu Korea. Seperti manga, manhwa juga hadir dalam banyak sekali genre dan saat ini sudah bisa diakses dengan sangat mudah melalui aplikasi khusus atau berbagai situs web di internet.

Tapi daripada mengakses manhwa dari aplikasi tambahan yang bisa membebani ponsel milikmu, lebih baik membaca manhwa dari situs web yang tidak mewajibkan kamu untuk memasang aplikasi ekstra. Cukup gunakan aplikasi web browser yang sudah kamu miliki untuk membuka berbagai komik menarik.

Review Manhwaindo dan Berbagai Fiturnya

Meskipun mengunjungi situs web untuk membaca manhwa jauh lebih praktis daripada memakai aplikasi tambahan, jangan sembarangan memilih situs web karena saat ini ada situs web yang membahayakan perangkat yang kamu pakai untuk mengakses situs web tersebut.

Periksa dulu situs web tertentu yang akan kamu kunjungi untuk membaca manhwa secara online. Cari tahu selengkapnya tentang fitur dan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh situs web tersebut. Jika mungkin, cari tahu juga kelemahan situs web manhwa agar tidak salah memilih situs web terbaik.

Manhwaindo merupakan salah satu situs web baca manhwa yang bisa kamu percayai. Situs web baca manhwa ini menawarkan kelebihan dalam jumlah yang sangat banyak. Beberapa kelebihannya adalah:

1. Mempunyai tampilan yang sangat menarik

Mempunyai-tampilan-yang-sangat-menarik

Tampilan yang menarik bukan berarti situs web ini menggunakan berbagai warna-warna yang mencolok atau menyediakan terlalu banyak fitur. Situs baca manhwa online yang satu ini hadir dengan tampilan yang sebenarnya sangat sederhana, dengan kombinasi warna putih dan ungu saja.

Kesederhanaan yang ditawarkan oleh situs web inilah yang membuat banyak pembaca manhwa jatuh hati dan suka membaca komik asal Korea dari situs web Manhwaindo. Berbagai tombol untuk mengakses fitur sudah diorganisir dengan sangat baik sehingga mudah untuk ditemukan dan diakses.

Ada tombol menu dengan ikon tiga garis di kiri atas, tombol khusus untuk mengubah tema atau tampilan situs web di samping bar pencarian yang letaknya di kanan atas halaman beranda situs web ini.

2. Situs web bisa diakses secara gratis

Situs-web-bisa-diakses-secara-gratis

Banyak situs web serta aplikasi hanya bisa diakses oleh pengunjung setelah pengunjung tersebut melakukan pendaftaran, pembayaran, dan berlangganan. Tapi situs web baca manhwa yang terkenal ini bisa kamu akses untuk membaca komik favorit secara gratis. Tidak perlu login apalagi membayar.

Tapi kalau kamu ingin mendukung penyedia situs web ini agar bisa terus menyediakan komik Korea terbaru, Manhwaindo menyediakan fitur donasi. Kamu bisa menyumbangkan dana atau donasi dengan menggunakan berbagai cara. Misalnya kamu bisa memakai aplikasi e-Wallet atau transfer.

Berbagai metode pemberian donasi sengaja disiapkan untuk menampung dana dari para pembaca manhwa yang baik hati. Tinggal pilih saja metode yang paling sesuai dengan seleramu.

Satu-tombol-menu-dengan-berbagai-pilihan

Tombol yang ada di bagian kiri atas halaman utama Manhwaindo adalah tombol Menu yang diwakili dengan ikon klasik berupa tiga garis horizontal. Setelah kamu menyentuh atau mengklik tombol yang tampak sederhana ini, akan muncul banyak sekali pilihan yang bisa kamu gunakan dengan leluasa.

Misalnya saja ada tombol daftar komik yang memuat banyak sekali komik yang sudah dikelompokkan berdasarkan jenis, status, dan lain sebagainya. Ada juga menu bookmark yang memuat seluruh buku atau komik favoritmu. Selain itu ada menu kontak yang bisa dipilih untuk menghubungi penyedia web.

Semua menu tersebut terlihat serupa saat kamu mengakses situs web baca manga di ponsel maupun di komputer. Hal ini memudahkan kamu untuk berpindah device saat membaca komik Korea favorit.

4. Bookmark semua komik yang kamu suka

Bookmark-semua-komik-yang-kamu-suka

Di bagian menu situs web Manhwaindo ada pilihan yang bernama bookmark. Menu yang satu ini punya fungsi yang sangat unik. Saat kamu membaca-baca komik di situs web baca komik yang satu ini, kamu pasti akan menemukan banyak sekali manhwa yang sangat menarik.

Sayangnya kamu tidak bisa membaca semua chapternya sekaligus. Kalau kamu harus melakukan kegiatan lain dan meninggalkan komik tersebut, tambahkan komik itu ke bookmark dan nantinya kamu bisa mengakses manhwa itu dengan cepat. Cukup buka menu bookmark dan pilih manhwa tersebut.

Fitur bookmark ini bisa memuat hingga 100 komik berbeda. Tapi bookmark hanya akan berfungsi dengan baik kalau kamu menggunakan satu perangkat saja untuk mengakses situs web baca manhwa.

5. Sesuaikan tampilan demi kenyamanan pribadi

Sesuaikan-tampilan-demi-kenyamanan-pribadi

Saat membuka halaman beranda Manhwaindo kamu akan langsung melihat tampilan situs web berwarna putih dengan sentuhan ungu. Kalau kamu lebih suka membaca komik di situs web yang tampilannya didominasi oleh warna gelap, manfaatkan saja tombol pengubah tema yang tersedia.

Tombol ini berada di bagian atas halaman beranda, tepat di sebelah kiri bar pencarian. Tinggal sentuh atau klik saja tombol tersebut maka tampilan situs web manhwa online akan langsung menjadi gelap. Tombol yang sangat bermanfaat ini sengaja disiapkan untuk meningkatkan kenyamanan kamu.

Berkat tombol ini, kamu bisa tetap menikmati manhwa favorit meskipun sudah malam dan lampu kamar sudah mati. Silau bukan lagi masalah karena sekarang tampilan situs web sudah lebih gelap.

6. Cari manhwa favorit dengan bar pencarian

Cari-manhwa-favorit-dengan-bar-pencarian

Tombol terakhir yang ada di bagian atas halaman beranda Manhwaindo adalah tombol pencarian. Tombol ini bisa kamu pakai untuk menemukan komik favorit dengan lebih cepat. Tidak perlu mengatur filter apapun, tinggal ketikkan saja judul manhwa yang kamu inginkan di bagian bar pencarian tersebut.

Saat akan menggunakan bar pencarian ini, kamu sebaiknya mengetikkan judul manhwa, manhua, atau manga. Jangan mengetikkan nama author atau penulis komik karena situs web ini hanya akan mencari judul saja, bukan pengarang komik favoritmu. Proses pencarian akan berlangsung sangat cepat.

Kamu tidak perlu menunggu untuk waktu yang lama untuk melihat komik apa saja yang sesuai dengan judul manhwa yang kamu ketikkan. Lalu pilih salah satu komik untuk kamu baca saat itu juga.

7. Satu situs web tiga jenis komik

Banyak situs web yang menawarkan manhwa menarik dari Korea. Tapi sayangnya, beberapa situs web tersebut hanya menawarkan satu jenis komik saja. Genre yang ditawarkan memang sangat bervariasi. Tapi kamu hanya akan menemukan berbagai komik dari negara Korea, bukan dari negara yang lainnya.

Tapi situs web Manhwaindo sangat berbeda. Situs baca komik online yang satu ini menawarkan tiga jenis komik berbeda yang bisa kamu akses setiap saat. Tiga jenis komik yang ada di situs baca manhwa online ini datang dari tiga negara berbeda. Pastikan kamu memahami ketiganya dengan lebih dalam.

Dengan memahami semua jenis komik yang ada dan mengetahui seluruh perbedaannya, kamu akan menemukan berbagai komik terbaik yang paling sesuai dengan selera pribadimu. Ini dia jenis-jenisnya:

Manhwa-Korea

Jenis komik pertama yang pastinya akan kamu temukan di situs baca komik online ini adalah manhwa. Manhwa merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan komik yang asalnya dari Korea dan menggunakan bahasa Korea sebagai bahasa asli komik tersebut.

Untuk menemukan manhwa dari Korea, kamu perlu membuka bagian menu kemudian mengklik tombol Baca Manhwa. Halaman beranda pun akan langsung dipenuhi dengan berbagai komik menarik yang dibuat oleh para manhwaga atau author manhwa asli Korea.

Manhwa yang berasal dari Korea mempunyai gambar sampul dengan bendera Korea di bagian kanan atas. Kalau bendera yang muncul bukan bendera Korea, maka itu bukan komik manhwa.

Manga-Jepang

Selanjutnya ada manga atau komik terkenal dari Jepang yang bisa kamu baca di Manhwaindo. Manga sudah lebih dulu terkenal dibandingkan dengan manhwa atau jenis komik lain yang berasal dari berbagai negara di Asia. Manga bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko buku offline.

Manga selalu dicetak dengan warna hitam putih saja. Bahkan versi digital manga juga mempunyai warna hitam putih. Hanya manga edisi spesial atau edisi khusus yang akan dicetak serta dirilis secara digital dengan sistem full color atau warna-warni. Manga punya cara baca yang berbeda.

Untuk membaca manga dari Jepang, kamu harus mulai membaca dari sebelah kanan terlebih dahulu lalu melanjutkan membaca ke arah kiri.

Manhua-China

Terakhir adalah komik yang bernama manhua dan berasal dari negara China. Saat kamu mengakses situs web Manhwaindo lalu membuka menu, kamu akan melihat pilihan Baca Manhua. Klik pada pilihan tersebut dan seluruh komik yang muncul adalah komik dari negara China.

Manhua dan manhwa mempunyai kemiripan. Kedua jenis komik tersebut sama-sama dirilis secara digital dengan tampilan full color. Dengan begitu, para pembaca akan merasa lebih nyaman saat menikmati seluruh komik. Jalan cerita komik pun akan terasa lebih hidup dan menarik.

Seperti dua jenis komik yang sebelumnya, manhua di situs baca komik online ini juga dihiasi dengan ikon bendera China yang menggambarkan negara asal komik-komik tersebut.

Kalau kamu suka membaca komik dari berbagai negara, situs web Manhwaindo adalah tempat terbaik untuk kamu gunakan dalam menikmati berbagai jenis komik. Semua komik dari China, Jepang, dan Korea dalam berbagai genre bisa kamu temukan dengan mudah hanya dalam satu situs web saja.

Tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi atau mengunjungi banyak situs web hanya untuk menikmati komik dari negara-negara yang berbeda. Cukup tambahkan situs web baca manhwa ini ke bookmark atau ke home screen sehingga kamu bisa mengakses semua komik favoritmu setiap saat.

8. Situs baca komik dengan daftar isi lengkap

Situs-baca-komik-dengan-daftar-isi-lengkap

Ada satu fitur terakhir yang akan sangat mempermudah para pembaca dalam menerapkan berbagai macam filter. Para pengunjung situs web yang masih bingung mau membaca komik apa bisa menggunakan daftar isi untuk menyaring atau memfilter komik dan mempersempit pilihan yang ada.

Fitur daftar isi sendiri bisa kamu temukan di bagian menu. Klik atau sentuh menu kemudian pilih daftar komik. Halaman Manhwaindo pun akan menampilkan Manga Lists dan berbagai tombol yang bisa dipakai untuk menyaring seluruh komik yang sudah diunggah ke situs baca manhwa online ini.

Untuk menggunakan seluruh tombol filter di halaman ini, kamu bisa mempelajari petunjuk singkat di bawah ini terlebih dahulu lalu mempraktekkannya di halaman situs web baca manhwa online.

Cara pertama untuk melakukan penyortiran komik di situs web baca manhwa online ini adalah dengan memilih genre di bagian Genre All. Klik saja bagian Genre All sampai muncul 110 pilihan genre yang tersedia di Manhwaindo. Lalu tinggal pilih saja salah satu genre yang kamu inginkan.

Kamu boleh memilih beberapa genre sekaligus. Klik kotak yang ada di samping setiap genre yang menarik minatmu hingga muncul centang berwarna hijau. Kalau kamu ingin menghapus tanda centang tersebut, klik lagi kotak di sebelah genre sebanyak dua kali sampai centang menghilang.

Cara berikutnya yang bisa kamu pakai untuk menyaring komik yang ada di situs baca manhwa online ini adalah dengan menggunakan filter status. Klik pada tombol Status All kemudian akan muncul empat pilihan berbeda. Pilihan All menampilkan semua komik sekaligus.

Klik pada pilihan Completed jika kamu hanya ingin melihat komik yang sudah tamat saja. Menu Ongoing akan menampilkan seluruh komik di Manhwaindo yang masih berlanjut sampai sekarang. Sedangkan menu Hiatus akan menampilkan seluruh komik yang berhenti digarap oleh authornya.

Seperti yang disinggung sebelumnya, situs web khusus untuk baca komik online yang satu ini menawarkan banyak jenis komik sekaligus. Kamu bisa menemukan semua jenis komik tersebut di bagian Type All ini. Klik tombol tersebut lalu pilih salah satu jenis komik yang paling kamu inginkan.

Dengan mengklik Manga, semua komik yang akan muncul adalah komik yang dilengkapi dengan bendera Jepang. Kalau kamu memilih Manhwa, Manhwaindo hanya akan menampilkan komik yang berasal dari Korea. Dan jika kamu memilih Manhua, akan muncul semua komik dari China.

Sebenarnya ada dua pilihan lain, yaitu Comic dan Novel. Tapi kedua jenis bacaan ini masih belum tersedia di situs web manhwaindo.id.

Tombol filter yang terakhir berfungsi untuk mengurutkan komik berdasarkan beberapa pilihan berbeda. Pilih A-Z jika kamu tertarik untuk melihat pilihan komik yang diurutkan sesuai dengan abjad. Atau pilih Z-A kalau kamu ingin melihat komik berdasarkan urutan yang sebaliknya.

Kamu juga bisa mengurutkan komik di situs web Manhwaindo berdasarkan komik yang baru saja diperbarui atau di update, berdasarkan komik yang baru saja ditambahkan ke situs tersebut, atau berdasarkan ketenaran atau popularitas komik.

Setelah memilih salah satu metode penyortiran komik, selalu klik tombol Cari berwarna ungu di bagian paling kanan. Lalu tunggu selama beberapa detik. Situs web baca manhwa online ini akan segera menyediakan seluruh komik yang paling sesuai dengan selera dan permintaanmu.

Manhwaindo termasuk dalam salah satu situs web yang paling serbaguna. Situs web yang satu ini menawarkan banyak sekali jenis bacaan yang bisa kamu akses untuk mengisi waktu luang dan membunuh kebosanan. Cari tahu lebih dalam tentang situs web baca manhwa online ini disini.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.