Yunbridal Buktikan Gaun Pengantin Lokal Bisa Bersaing dengan Brand Asing


Suara.com – Bisnis di dunia pernikahan kembali bergairah setelah pandemi Covid-19 perlahan berakhir. Diizinkannya menggelar acara pernikahan, meski masih tetap dengan prokes, telah mengembalikkan semangat para pelaku bisnisnya.

Salah satunyanya adalah brand Yunbridal milik Yunica Chandra. Yunica mengakui, memasuki 2022, bisnis di dunia pernikahan bangkit secara perlahan. Meski memang belum normal seperti sebelum pandemi.

Yunica Chandra bersama pasangannya, Alfred Lucky Chandra. [Instagram]
Yunica Chandra bersama pasangannya, Alfred Lucky Chandra. [Instagram]

Setelah dua tahun lebih bisnis pernikahan mati suri, di tahun ini kembali bangkit dengan munculnya beberapa hal baru. Salah satunya adalah soal gaun pernikahan, di mana kini tengah tren gaun pengantin dengan gaya Korea.

“Ya ini tidak terlepas dengan demam korea, baik drakor maupun K-Pop,” kata Yunica Chandra kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Menariknya, untuk gaun pengantin, Yunica yang membangun Yunbridal sejak 2019 ini memilih untuk membuat gaun sendiri. Padahal brand lain lebih senang mengimpor gaun pengantin yang umumnya dari Cina dan Taiwan.

Tim dari Yunbridal tengah mengerjakan sebuah gaun pengantin. [Instagram]
Tim dari Yunbridal tengah mengerjakan sebuah gaun pengantin. [Instagram]

Rupanya, dengan bisnisnya ini, Yunica Chandra ingin memajukan industri fashion Indonesia dan menyerap lebih banyak tenaga kerja dalam negeri.

“Saya merasa harus melakukan sesuatu untuk Indonesia. Mungkin saya tidak bisa melakukan hal besar, tapi dengan satu langkah kecil. Saya optimistis dapat berkontribusi untuk memajukan negeri ini,” ujar Yunica.

Langkah Yunica Chandra yang memilih gaun lokal daripada impor, bukan hal yang mudah. Malah di situ tantangannya, karena harus meyakinkan para calon pengantin agar mau memakai produk dalam negeri. Selai itu, bersaing dengan produk Cina dan Taiwan bukan hal yang gampang.

Tapi kegigihan Yunica Chandra pelan-pelan membuahkan hasil. Dengan menjaga mutu dan kualitas produk, brand Yunbridal pun mulai dikenal banyak orang. Bahkan, Yunbridal pun kini sudah beberapa kali mendapatkan pelanggan dari luar kota seperti Semarang, Surabaya, Bangka dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Tim dari Yunbridal tengah memasangkan gaun kepada seorang pengantin perempuan. [Instagram]
Tim dari Yunbridal tengah memasangkan gaun kepada seorang pengantin perempuan. [Instagram]

Bahkan, langkah Yuni Chandra dengan brand Yunbridal miliknya kini mulai dilirik brand lain. Namun hal itu tidak dijadikan pesain buat Yuni, tapi teman seperjuangan dalam mewujudkan cita-citanya.

“Saya sangat bangga terhadap teman-teman yang membuat brand bridal karena mereka membuatnya dengan sangat baik. Saya rasa sesama pelaku bisnis bridal lokal harus bersama-bersama berjuang untuk memajukan industri fashion di Indonesia,” tutur Yunica.

Yunica pun berharap bisnis dan industri pernikahan di Indonesia semakin baik. Selain itu, brand-brand lokal bisa bersaing dengan brand asing.

“Saya ingin mengajak generasi muda untuk memberikan satu langkah kecil untuk memajukan Indonesia, karena generasi muda adalah penentu masa depan bangsa,” imbuh Yunica Chandra.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.